Perkuat Strategi Engagement Berkelanjutan, Jumlah Nasabah BTN Prospera Melonjak 170%

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 24 Mei 2025 - 17:47 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Salah satu layanan dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, BTN Prospera, menunjukkan performa impresif sepanjang 2025. Sejak peluncurannya pada Maret 2024, jumlah nasabah BTN Prospera meningkat 170%, dengan total dana kelolaan mencapai Rp9,5triliun per April 2025—naik 149% dibandingkan awal peluncuran.

BTN menargetkan angka ini akan terus tumbuh dengan peningkatan AUM sebesar 15% pada akhir 2025.

Pertumbuhan ini menjadi cerminan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap BTN dalam menyediakan layanan premium yang terintegrasi, adaptif, dan relevan bagi segmen BTN Prospera.

Sebagai bentuk komitmen membangun hubungan jangka panjang, BTN Prospera secara konsisten menyelenggarakan program engagement eksklusif—salah satunya BTN Prospera Movie Night, yang  telah menjadi kanal interaksi rutin dengan nasabah dalam suasana santai namun personal.

Acara regular yang sudah tiga kali digelar ini, digelar secara serentak di  8 kota besar di seluruh Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Manado, Batam, Surabaya, Banjarmasin, Denpasar, dan Yogyakarta.

Melalui acara ini, BTN memperkuat loyalitas dengan pendekatan yang lebih informal dan relevan secara gaya hidup dari profil Nasabah BTN Prospera.

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, mengatakan bahwa BTN Prospera tidak hanya menyasar pertumbuhan angka, tetapi juga kualitas relasi dengan nasabah.

“BTN Prospera kami bangun untuk menjadi ruang yang tidak hanya menyediakan layanan, tapi juga koneksi. Loyalitas tumbuh dari interaksi yang bermakna—itulah kenapa strategi kami menekankan pada pengalaman, bukan sekadar produk,” ujar Nixon di Jakarta, Jumat (23/05).

Acara serupa untuk memperkuat loyalitas nasabah BTN Prospera juga diadakan pada 4 April 2025 bertajuk Prospera Business Gathering Jakarta II yang diadakan di Habitate, Oakwood Suites Kuningan Hotel, Jakarta. Bertema “Winning The Market: Digital Strategies for Business Growth”, acara business coaching tersebut dibawakan oleh Patrick Rimba, seorang Digital Marketing Consultant dan Trainer, untuk membuka peluang bisnis dan mendukung pertumbuhan bisnis nasabah BTN Prospera.

Prospera Business Gathering tersebut menjadi kick-off dari Prospera Business Trip, sebuah program eksklusif yang dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan bisnis internasional bagi para nasabah BTN Prospera. Dipandu oleh pengusaha content creator Helmy Yahya, Kali ini, trip diadakan ke Shenzhen, Tiongkok, yang merupakan salah satu pusat industri dan teknologi maju terbesar di dunia, seperti BYD, Alibaba, dan ByteDance (TikTok).

Untuk semakin memanjakan nasabah BTN Propsera, BTN juga meluncurkan Kartu Debit BTN Prospera pada November 2024. Sejak diluncurkan, kartu ini mencatat pertumbuhan transaksi rata-rata 141% per bulan, khususnya pada kategori gaya hidup dan travel. Nasabah juga menikmati sejumlah promo unggulan, seperti diskon hingga Rp300.000 di Traveloka dan potongan harga 30% di beberapa restoran pilihan seperti Monsieur Spoon dan Paris Baguette.

Melalui berbagai promo dan program loyalitas yang ditawarkan, diharapkan nasabah merasa nyaman menempatkan dananya di BTN Prospera, sehingga perseroan dapat mengelola struktur pendanaannya dengan lebih efisien dan berkesinambungan.

Nixon mengatakan, pertumbuhan dana kelolaan (asset under management/AUM) BTN Prospera sangat penting sebagai salah satu sumber pendanaan BTN terutama dana murah untuk jangka panjang. Sebagai gambaran, BTN Prospera memberikan kontribusi signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) BTN secara keseluruhan, yaitu sebesar 15%, dengan dominasi tabungan sebesar 56% dan deposito 44%.

“Segmen nasabah yang digarap BTN Prospera adalah segmen yang saldo rata-rata simpanannya lebih tinggi dari nasabah reguler, sehingga kami selalu memastikan produk dan layanan BTN dapat bersaing di pasar dan menarik ceruk nasabah yang dapat menjadi sumber pendanaan yang stabil secara jangka panjang, sehingga mendukung aspirasi kami menjadi bank transaksional,” tutur Nixon. 

Dengan perpaduan antara pertumbuhan bisnis yang solid dan pendekatan engagement yang konsisten, BTN Prospera diyakini akan terus memperkuat posisinya sebagai layanan perbankan yang relevan, personal, dan terpercaya bagi nasabah emerging affluent di Indonesia.