Jackson Wang Jadi Satu-satunya Artis China dengan Debut Tertinggi di Billboard
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Jackson Wang kembali mencetak sejarah di industri musik global. Album terbarunya, MAGICMAN 2, yang dirilis pada 18 Juli 2025, debut di posisi #13 Billboard 200 yang menjadikannya album debut dengan peringkat tertinggi yang pernah diraih oleh artis rekaman asal China dalam sejarah tangga lagu tersebut.
Prestasi ini memecahkan rekor pribadi Jackson Wang sendiri setelah album sebelumnya, MAGICMAN (2022), menempati posisi #15 Billboard. Dengan pencapaian ini, Jackson menjadi satu-satunya artis asal China yang berhasil menempatkan dua album berturut-turut di Top 15 Billboard 200.
Diminggu pertamanya, MAGICMAN 2 terjual lebih dari 32.000 unit, menduduki posisi #4 di Top Album Sales, #3 di Vinyl Albums, dan #2 di Indie Store Album Sales. Album ini juga langsung masuk ke dalam Top 10 Album Spotify di Amerika Serikat, memperkuat posisinya sebagai salah satu figur paling berpengaruh dalam musik global saat ini.
Album ini mendapat sambutan luar biasa dari media dan kritikus musik global. “Ini adalah potret kemanusiaan yang sangat universal, dikemas dalam musik pop modern yang brilian,” puji Zane Lowe dari Apple Music.
“Album ini luar biasa. Saya suka lagunya, saya suka keseluruhannya.” ujar Zach Sang dari Amazon Music.
MAGICMAN 2 sepenuhnya ditulis dan diproduseri sendiri oleh Jackson, menjadikannya karya paling jujur dan ambisius dalam kariernya.
“Album ini menggambarkan semua yang saya rasakan tentang industri, masyarakat, kemanusiaan, keluarga, dan kenyataan hidup,” ujar Jackson kepada Recording Academy.
Kata demi kata, lirik dalam album ini diambil langsung dari catatan harian pribadi Jackson. “Menulis album ini seperti proses detoks,” lanjutnya kepada Forbes.
Dunia digital seakan sepakat: Jackson Wang ada di mana-mana. Sesi fan signing di Barnes & Noble, New York City, dipadati penggemar hingga antrian mengular beberapa blok, menciptakan gelombang antusiasme dan percakapan hangat di dunia maya.
Lagu utama dari albumnya, “Made Me a Man,” tengah viral di TikTok, sementara single “GBAD” terus menunjukkan pertumbuhan pesat dengan hampir 55.500 video TikTok dan lebih dari 32 juta penayangan di YouTube.
Mulai dari deretan wawancara eksklusif bersama media seperti Billboard, Hypebeast, WWD, dan NME, hingga menjadi wajah sampul di berbagai edisi L’Officiel di 10 negara, termasuk Amerika Serikat, China, Meksiko, Italia, Paris, dan Singapura; dan ditambah ragam segmen video dengan media ternama AS dan ratusan kreator konten digital, kehadiran Jackson Wang di ranah online benar-benar tak terhindarkan. Semua ini semakin menegaskan pengaruh globalnya yang sedang ia bangun.