Fenomena Baru: Gen Z Mulai Lirik Hunian Mewah, Alam Sutera Tambah Klaster di Sutera Rasuna
INDUSTRY.co.id, Tangerang– Dalam lanskap properti Indonesia yang dinamis, muncul tren yang menarik generasi muda, terutama Gen Z, mulai aktif memasuki pasar hunian menengah ke atas. Di tengah gejolak ekonomi dan inflasi yang membayangi, fakta ini mungkin terdengar janggal. Namun data menunjukkan sebaliknya.
Menurut laporan dari Indonesia Property Watch, permintaan hunian di kisaran Rp1–2 miliar justru mengalami peningkatan 18% di kuartal pertama 2025, dengan sebagian besar peminat datang dari kelompok usia 25–35 tahun. Gaya hidup yang mengutamakan kenyamanan, aksesibilitas, serta kebutuhan akan ruang multifungsi tampaknya menjadi alasan utama di balik tren ini.
Fenomena tersebut terasa nyata di kawasan Alam Sutera 2, Tangerang. Dua klaster pertama di superklaster Sutera Rasuna mencatatkan penjualan hingga 1.000 unit dalam waktu relatif singkat sejak akhir 2024. Sebuah pencapaian yang tak hanya mencerminkan kekuatan daya beli, tapi juga perubahan preferensi dalam memilih tempat tinggal.
Menanggapi antusiasme pasar, pengembang kawasan ini memperkenalkan klaster ketiga bertajuk VOLA—sebuah nama yang diambil dari kata Latin “volare” yang berarti "terbang". Nama ini merepresentasikan fase lanjutan dari pengembangan kawasan, sekaligus simbol kesiapan untuk melangkah ke tahap hidup yang lebih mapan.
Dirancang dengan pendekatan arsitektur tropis kontemporer, VOLA menghadirkan suasana rumah yang segar dan fleksibel. Desain rumah yang energik dan terbuka, dipadu fasilitas penunjang gaya hidup aktif seperti area olahraga, ruang terbuka hijau, dan kolam renang, menjadikannya relevan dengan kebutuhan generasi yang kini kian sadar akan kesehatan mental dan fisik.
“Respons dari dua klaster sebelumnya membuat kami yakin bahwa pola konsumsi hunian sedang berubah. Kami melihat generasi muda hari ini tidak hanya mencari rumah, tapi tempat tinggal yang bisa mendukung gaya hidup mereka secara menyeluruh,” ujar Wikhen Rusli, Sales & Marketing Division Head Alam Sutera.
Kawasan Sutera Rasuna sendiri terletak hanya 2 kilometer dari pintu tol Pinang dan dikelilingi berbagai fasilitas urban—mulai dari pusat perbelanjaan, akses pendidikan, hingga rencana pengembangan infrastruktur transportasi seperti jalur MRT fase barat-timur.
Klaster VOLA sendiri akan secara resmi dipasarkan pada bulan Juli 2025 mendatang bersama dengan peresmian rumah contoh VOLA. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, di akhir Mei 2025, tepatnya per-tanggal 28 Mei 2025 hingga 16 Juni 2025, telah dimulai periode pre-launching klaster VOLA. Tentunya akan ada berbagai keuntungan lebih bagi pembeli hunian VOLA di periode pre- launching ini dalam jumlah yang terbatas.
“Pada tahap pre-launching ini, Alam Sutera telah menyiapkan promo yang sangat menguntungkan seperti harga perdana mulai Rp 1 M-an, hadiah iPhone 16, subsidi biaya kredit puluhan juta rupiah hingga hadiah AC untuk cara bayar tertentu. Tentunya unit dan promo yang ditawarkan pada tahap pre- launching ini akan sangat terbatas, sehingga untuk dapat memilikinya konsumen harus membeli VIP PASS dengan nilai Rp 10 juta rupiah di periode 28 Mei - 16 Juni 2025. Informasi lebih lanjut mengenai pre-launching klaster VOLA ini, calon pembeli dapat mengunjungi Sutera Rasuna Marketing Office & Show Units & di Jl. Rasuna Utama No. 1 Kecamatan Pinang, Kota Tangerang atau menghubungi Marketing Representative,” tambah Rusli
Lebih dari sekadar tren sementara, meningkatnya minat Gen Z terhadap hunian berkualitas mencerminkan perubahan nilai dalam memandang rumah—bukan hanya sebagai aset, tetapi sebagai ruang hidup yang mendukung produktivitas, keseimbangan, dan kebebasan berekspresi. Di tengah tantangan ekonomi global, generasi muda justru menunjukkan optimisme baru: memilih untuk menetap, berinvestasi, dan membangun kualitas hidup sejak dini. Klaster VOLA di Sutera Rasuna menjadi salah satu cerminan dari semangat tersebut—sebuah interpretasi baru tentang rumah masa depan yang dinamis, terintegrasi, dan relevan dengan gaya hidup masa kini. Sebuah langkah kecil, namun signifikan, menuju cara baru dalam menjalani hidup yang #SetForLife.
PT Alam Sutera Realty Tbk (Alam Sutera) adalah pengembang properti terintegrasi di Indonesia, sejak 1994 bergerak di bidang pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan hospitality. Pada tahun 2007 saham Alam Sutera tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX: ASRI). Pengembangan properti yang dilakukan Alam Sutera mengutamakan inovasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan. Sejak awal berdiri, Alam Sutera telah menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dengan selalu memperhatikan aspek-aspek sosial sehingga tercipta harmonisasi dengan alam. Komitmen Alam Sutera Group adalah menyediakan kawasan yang asri, lestari, dan ramah lingkungan agar nyaman bagi warga dan masyarakat sekitarnya.
Selama lebih dari tiga dekade, Alam Sutera Group telah mengembangkan beberapa proyek properti dan kawasan terpadu di Indonesia seperti kawasan Alam Sutera, Suvarna Sutera, Ayodhya by Alam Sutera, GWK Cultural Park, beberapa proyek perkantoran seperti The Tower di CBD Jakarta, The Prominence Office Tower, Mall @ Alam Sutera, serta beberapa hunian tapak maupun vertikal seperti Lloyd Low-Rise Apartment, EleVee Penthouses & Residences, dan proyek hunian terbaru prestisius, The Gramercy.