Layanan Transfer Antar Bank via JakOne Mobile Kembali Normal, Bank DKI Pastikan Keamanan Dana Nasabah Terjaga

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 06 Mei 2025 - 10:44 WIB

INDUSTRY.co.id - JAKARTA – Layanan transfer antar bank Real Time Online (RTOL) di aplikasi JakOne Mobile kini telah kembali normal dan dapat digunakan oleh nasabah. 

Bank DKI menyampaikan bahwa pemulihan sistem dilakukan secara bertahap dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan nasabah. Selama proses pemulihan, bank memastikan bahwa data dan dana nasabah tetap aman, serta tidak mengalami pengurangan.

“Kami memahami ketidaknyamanan yang dirasakan nasabah selama proses pemeliharaan sistem ini. Namun, ini adalah bentuk komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan digital Bank DKI,” ujar Direktur Utama Bank DKI Agus H Widodo (6/5/2025).

Selain layanan RTOL, layanan transfer antarbank melalui skema BI Fast melalui aplikasi JakOne Mobile masih dalam proses koordinasi lebih lanjut dengan pihak regulator.

Sebagai alternatif selama proses pemulihan, Bank DKI tetap melayani transaksi transfer antar bank melalui lebih dari 750 unit ATM yang tersebar di DKI Jakarta dan kota-kota besar lain seperti Bandung, Semarang, Solo, hingga Lampung. Layanan juga tersedia di jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

Nasabah juga dapat melakukan transaksi melalui Kantor Cabang Bank DKI dan Bank DKI Syariah pada hari kerja, termasuk layanan setor dan tarik tunai, pemindahbukuan antar rekening, serta transfer antarbank menggunakan SKNBI dan RTGS.
Untuk nasabah korporasi, transaksi juga tetap dapat dilakukan melalui Cash Management System Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan kepercayaan nasabah selama proses pemulihan sistem. 

"Kami menyediakan berbagai saluran pengaduan yang dapat diakses, mulai dari Call Center, kunjungan ke kantor cabang terdekat, hingga pesan langsung melalui kanal media sosial resmi Bank DKI,” jelas Arie. 

Bank DKI mengimbau nasabah untuk waspada terhadap modus penipuan digital, dan hanya menggunakan kanal resmi untuk mendapatkan informasi serta bantuan layanan. Untuk informasi lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi Call Center Bank DKI di 1500351.