Inovasi dan Kolaborasi Jadi Kunci Kinerja Mustika Ratu (MRAT) Melejit, Bertekad Jadi Leader di Industri Kecantikan dan Kesehatan

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 26 Juni 2025 - 21:59 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) terkemuka nasional, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2025, pada Kamis, 26 Juni 2025 di Jakarta, mengumumkan pencapaian perseroan di Kinerja Kuartal I 2025 yang gemilang berkat dukungan strategi GPS 2025 yang Progresif. 

Dijelaskan juga bagaimana lompatan Kinerja MRAT sehingga berdampak pada penjualan melesat, ekosistem meluas dan tekad dari perseroan untuk menjadi leader di industri kecantikan dan kesehatan yang berbasis warisan Budaya.

“Kesuksesan kinerja  MRAT  berkat inovasi dan kolaborasi. Ini menjadi kunci Mustika Ratu mencetak pertumbuhan signifikan dan kami membuktikan komitmen kami yang berkelanjutan,“ jelas Presiden Direktur Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang.

Egidius menyatakan, terkait dengan inovasi dan kolaborasi ini, MRAT selalu konsisten menerapkan GPS (GROWTH, PROFIT, dan SOLID) untuk mencapai pertumbuhan yang kuat, orientasi pada keuntungan, dan membangun kolaborasi yang solid. Dengan GPS tersebut, sejak awal kami optimis Mustika Ratu mampu mencapai kinerja optimal dan kesuksesan jangka panjang. “Ini seperti  kompas yang menuntun MRAT mengidentifikasi arah dan orientasi dengan mudah,”ujarnya.

Jadi inovasi, kolaborasi dan pertumbuhan jelas Egidius, menjadikan Mustika Ratu akan terus memperkuat distribusinya dengan strategi go-to-market pada kategori Holistic Beauty dan Health & Wellness melalui berbagai saluran penjualan melalui kampanye merek (brand campaign) yang kreatif dan terarah dengan memanfaatkan saluran digital dan kolaborasi. Untuk meningkatkan penjualan, perseroan juga melakukan optimalisasi saluran penjualan, termasuk e-commerce, peritel modern, omni channel dan perdagangan umum.

Sebagai pionir dalam industri kecantikan, kesehatan, dan wellness Indonesia, Mustika Ratu  meraih kinerja keuangan Kuartal I 2025 yang impresif, ditandai dengan penjualan bersih sebesar Rp85 Miliar, meningkat 11,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kontribusi signifikan datang dari segmen Health Care (+39%) dan Kosmetik (+14%), menunjukkan respons pasar yang kuat terhadap inovasi produk Mustika Ratu. Pertumbuhan kinerja Perseroan tak berhenti di sana; penjualan daring (online) di tahun 2024 melonjak 199% dibandingkan tahun 2023, menegaskan adaptabilitas dan daya saing Mustika Ratu di era digital.

Melangkah ke depan, Mustika Ratu meluncurkan inisiatif transformatif "GPS 2025", sebuah strategi berlandaskan pada Growth Mindset, Purpose Driven, dan Solid Collaboration.

Menurut Egidius, GPS 2025 bukanlah sekadar cetak biru bagi pertumbuhan bisnis, melainkan manifestasi komitmen jangka panjang Mustika Ratu untuk bertransformasi menjadi perusahaan beauty, health, and wellness berdaya saing global, tanpa melupakan akar budaya bangsa.

Langkah-langkah strategis yang dijalankan oleh perseroan meliputi pengembangan produk inovatif seperti rangkaian Body Care berteknologi E-Bion dan lip cream "Double Dose", intensifikasi promosi digital dan aktivasi offline yang masif, hingga partisipasi di ajang global bergengsi di Expo 2025 Osaka dan menjadi sebagai satu-satunya brand beauty & wellness dari Indonesia. Kolaborasi strategis, termasuk kemitraan strategis dengan Sugi Holdings Co., Ltd., semakin memperkuat posisi Mustika Ratu tidak hanya di pasar domestik namun juga di pasar global.

Tidak cukup disitu, Mustika Ratu teguh pada komitmen keberlanjutan melalui inisiatif SDGs dan ESG, termasuk penanaman 1.000 pohon mangrove bekerja sama dengan BPOM dan fokus pada kemasan daur ulang (recyclable packaging). Pengembangan SDM juga menjadi prioritas melalui berbagai pelatihan kepemimpinan dan peningkatan kompetensi.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani menegaskan bahwa, Mustika Ratu sejak awal selalu mendorong pertumbuhan berkelanjutan, perseroan menekankan pentingnya inovasi. Terutama, inovasi berbasis bahan alami untuk menjawab kebutuhan pasar kecantikan dan kesehatan yang semakin berorientasi pada keberlanjutan.

“Pasar perawatan pribadi, kecantikan, dan kesehatan global saat ini sedang mengalami transformasi besar. Konsumen menginginkan solusi yang lebih bersih, aman, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Menurut Ajeng, konsep kecantikan bersih (clean beauty) menekankan penggunaan bahan-bahan alami serta praktik ramah lingkungan, mulai dari pengadaan bahan baku hingga proses produksi dan pengemasan.

Ajeng menambahkan, sebagai pionir di industri kecantikan alami, MRAT memanfaatkan keanekaragaman tanaman herbal Indonesia yang kaya akan manfaat. Dengan memadukan warisan tradisional dan teknologi modern. 

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2025 ini, pemegang saham mengesahkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2024 dan menyetujui penunjukan Akuntan Publik untuk tahun 2025, serta kemitraan strategis dengan Sugi Holdings Co., Ltd.

Dengan berbagai inisiatif strategis dan komitmen terhadap keberlanjutan, PT Mustika Ratu Tbk optimis dapat terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, serta bagi seluruh pemangku kepentingan.