Gelar Kick Off HBN 2025, Menperin Agus Dorong Industri Batik Berkelanjutan
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Yayasan Batik Indonesia (YBI) secara resmi menggelar Kick Off Hari Batik Nasional (HBN) 2025 di Jakarta, Rabu 25 juni 2025.
Tahun ini, Kemenperin dan YBI akan menyelenggarakan peringatan Gerakan Batik Nasional (GBN) dan Hari Batik Nasional (HBN) pada 30 Juli - 3 Agustus 2025 di Pasaraya Blok M, Jakarta, dengan mengusung tema “Bangga Berbatik”. Upaya ini sebagai langkah strategis dalam memacu pengembangan industri batik di dalam negeri agar semakin digemari oleh konsumen domestik maupun menembus pasar ekspor.
Kemenperin dan YBI menetapkan Batik Tulis Merawit Cirebon terpilih sebagai ikon GBN dan HBN 2025. Batik Tulis Merawit Cirebon merupakan salah satu batik Nusantara khas Cirebon yang memiliki ciri khas pola halus dengan ornamen yang detail, berupa garis-garis tipis dengan latar warna terang yang mencerminkan kekayaan seni dan budaya dari Cirebon.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Batik tidak lagi dipandang sebagai pakaian seremonial semata, tetapi telah menjadi bagian dari indentitas generasi muda Indonesia.
“Kondisi ini jadi peluang strategis bagi industri batik untuk memperkuat pasar domestik melalui inovasi desain, peningkatan kualitas produk, serta strategi pemasaran yang relevan dengan perkembangan zaman dan menuju Indonesia emas 2045,” kata Menperin Agus.
Menperin mengungkapkan, kinerja ekspor batik pada triwulan I tahun 2025 mencatatkan nilai sebesar USD7,63 juta atau naik 76,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024 sebesar USD4,33 juta.
Sementara itu, berdasarkan Direktori Sentra BPS tahun 2020, pelaku industri batik di Indonesia berjumlah sekitar 5.946 industri dan 200 sentra IKM yang tersebar di 11 provinsi.
Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan industri batik agar semakin produktif dan inovatif. “Kami mengimbau agar perajin dan pengusaha (IKM) batik agar senantiasa jeli melihat peluang di pasar domestik dan luar negeri, terutama untuk konsumen generasi muda,” ungkap Menperin.
Menurutnya, penerapan inovasi dan teknologi pada industri batik akan berdampak signifikan terhadap penurunan biaya produksi dan konsumsi energi, hingga mendukung industri batik menjadi lebih berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan.
Kendati demikian, dirinya juga mengingatkan agar penerapan teknologi dan inovasi tetap dilakukan dengan berhati-hati dan bertanggung jawab, supaya nilai-nilai tradisional batik tetap terjaga sekaligus lebih ramah lingkungan.
Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) Gita Pratama menyampaikan, perubahan zaman yang begitu cepat menuntut pelaku industri untuk terus beradaptasi, termasuk di sektor batik. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi, mulai dari digitalisasi proses produksi hingga penguatan platform pemasaran, bukan lagi pilihan tetapi langkah yang perlu diambil bersama.
“Namun sesungguhnya, keberlanjutan tidak hanya soal teknologi, tetapi juga tentang menjaga nilai, merawat kesinambungan tradisi, dan memastikan keterlibatan generasi muda. Di sinilah GBN dan HBN mengambil peran penting sebagai ruang bertemunya tradisi dan transformasi,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita berharap perayaan HBN 2025 ini memberikan sejumlah manfaat bagi industri batik, seperti informasi teknologi, wadah kolaborasi, hingga peningkatan efisiensi, kualitas, maupun daya saing industri batik.
“Kami ingin melalui rangkaian kegiatan acara HBN ini, baik para pemangku kepentingan, pelaku industri batik, dan segala pihak yang peduli dengan perkembangan batik dapat bertemu, berdiskusi, dan berkolaborasi, sehingga menghasilkan manfaat berupa pengetahuan maupun mitra dalam menerapkan inovasi dan teknologi pada industri batik,” ucap Reni.
Kemenperin dan YBI juga menggelar aneka kegiatan lain dalam rangka Peringatan HBN 2025, di antaranya berupa webinar dan talkshow dengan topik mengenai digitalisasi dan standardisasi batik, potensi pasar Gen-Z, hingga penerapan prinsip berkelanjutan pada industri batik.
Selain webinar, akan diadakan pula berbagai program fasilitasi, seperti workshop pelatihan ISO dan pelatihan pembuatan batik cap di pondok pesantren.
Selain fasilitasi pada HBN, Ditjen IKMA memiliki berbagai program pendukung industri batik yang meliputi penerbitan buku, fasilitasi pelindungan IG, penumbuhan wirausaha baru, penerapan industri 4.0, pengembangan Sentra IKM, restrukturiasi mesin/peralatan produksi, dan fasilitasi pameran.