Ini Langkah MMKSI Kejar Target Pangsa Pasar 10 Persen di Tahun 2025
INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sukses membukukan kinerja gemilang sepanjang tahun fiskal 2024.
Tercatat, sepanjang 2024, MMKSI berhasil mencatat penjualan 71.451 unit pada periode April 2024 – Maret 2025, dan menjaga posisi pangsa pasar positif di tiap segmen pasar otomotif Indonesia sebesar 8,2%. Capaian tersebut terdiri dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 49.559 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 21.892 unit.
"Pencapaian tahun ini menjadi bukti bahwa produk Mitsubishi tetap diminati oleh konsumen Indonesia," kata Budi Dermawan, Head of Sales Group PT MMKSI saat media gathering di Jakarta, Jumat (15/5).
Dirinya optimis pangsa pasar otomotif di Indonesia akan semakin membaik di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, MMKSI menetapkan target peningkatan pangsa pasar hingga 10 persen di tahun 2025.
"Kami senantiasa melakukan inovasi dan melengkapi lini produk untuk menjawab kebutuhan masyarakat," terangnya.
Beberapa lini produk andalan menunjukkan performa yang membanggakan. Mitsubishi Xforce, SUV 5-seater yang diluncurkan pada akhir 2023, berhasil meraih market share 14 persen sepanjang 2024, menjadikannya mobil terlaris kedua di segmennya.
Di segmen LMPV, Xpander mencatatkan pangsa pasar sebesar 23 persen. Sementara itu, di kelas medium SUV, New Pajero Sport memberikan kontribusi signifikan dengan market share mencapai 40 persen.
All New Triton juga mencatatkan hasil kuat dengan perolehan market share 39 persen. Untuk kendaraan niaga ringan, L300 tetap menjadi pilihan utama pelaku usaha dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di segmennya.
Dalam mendukung penetrasi pasar, MMKSI terus memperluas jaringan penjualan. Sepanjang 2024, perusahaan menambah 10 diler baru, sehingga total jaringan resmi yang menjual kendaraan penumpang dan niaga ringan kini mencapai 172 diler di seluruh Indonesia.
MMKSI juga mencatat tren positif di sisi layanan purna jual. Penjualan suku cadang meningkat sebesar dua persen, menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap penggunaan suku cadang resmi Mitsubishi.
Selain itu, jumlah kendaraan yang masuk untuk perawatan (service incoming unit) juga meningkat sebesar 2,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, MMKSI menerapkan konsep layanan baru “Passion to Care” yang dijalankan oleh seluruh tim di jaringan diler Mitsubishi di Indonesia.
Menghadapi tahun fiskal 2025, MMKSI telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Penyegaran produk New Xpander dan Xpander Cross resmi diluncurkan hari ini sebagai bagian dari strategi tersebut. Selain itu, MMKSI juga akan menghadirkan produk baru yang menyasar segmen pasar yang berbeda.
“Kami optimis terhadap prospek tahun fiskal 2025. Dengan rangkaian produk berkualitas dan komitmen layanan terbaik, kami yakin dapat mencapai target market share 10 persen,” pungkasnya.