Jelang Sumpah Pemuda, Menpora Dito Ariotedjo Luncurkan Bulan Pemuda 2024

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 04 Oktober 2024 - 12:56 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, secara resmi meluncurkan Bulan Pemuda 2024 di Auditorium Wisma Graha Kemenpora RI pada Kamis (3/10/2024).

Peluncuran ini menandai dimulainya berbagai kegiatan kepemudaan yang akan berlangsung hingga puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) pada 28 Oktober mendatang.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah meluncurkan kembali Bulan Pemuda. Menjelang 28 Oktober, Kemenpora akan mengisi bulan ini dengan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan anak muda dan olahraga," kata Menpora Dito dalam sambutannya.

Menpora Dito berharap Bulan Pemuda 2024 dapat berjalan lancar dan seluruh program kepemudaan yang digelar selama sebulan ini dapat tepat sasaran. Menurutnya, program-program ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia di masa depan.

Kegiatan yang diadakan selama Bulan Pemuda tidak hanya berlangsung di Jakarta, tetapi juga di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Menpora Dito menjelaskan bahwa logo dan tema peringatan HSP 2024 akan diluncurkan dalam minggu ini, agar dapat digunakan seragam di seluruh wilayah Indonesia.

"Temanya akan kami launching pada minggu ini agar semua daerah bisa seragam dalam merayakan HSP," tambah Menpora Dito.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Raden Isnanta, turut menyampaikan harapannya agar semua pihak terkait dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. 

"Kami akan segera mengedarkan informasi ini ke seluruh provinsi dan kementerian/lembaga agar mereka turut berperan serta," ujarnya.

Organisasi kepemudaan juga diharapkan dapat menyebarluaskan informasi terkait Bulan Pemuda agar kegiatan ini meriah dan melibatkan semua lapisan pemuda di seluruh Indonesia. 

"Kami berharap Bulan Pemuda ini benar-benar menjadi momen yang masif dan menyentuh seluruh pemuda," imbuh Deputi Isnanta.

Puncak peringatan HSP tahun ini akan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kemenpora sedang mempersiapkan penyelenggaraannya sesuai dengan arahan Menpora.

Acara peluncuran Bulan Pemuda ini juga dihadiri oleh peserta Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat eselon I dan II Kemenpora RI, perwakilan organisasi kepemudaan, serta mitra program MSIB.