ASABRI Tingkatkan Literasi Cerdas kan Generasi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 September 2024 - 11:52 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Program ASABRI Literasi (ASLI) Untuk Indonesia merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ASABRI yang diperuntukkan kepada Putra Putri Peserta ASABRI (Prajurit TNI, Anggota Polri, dan ASN Kemhan/Polri baik aktif maupun pensiun), yang dilaksanakan dengan tema: “Peran Anak Muda Indonesia dalam mendukung program pengentasan Kemiskinan Ekstrem dan Penanganan Stunting”.

Program ASLI ini dinilai sukses digelar secara kolaborasi antara ASABRI dengan para stakeholder (melalui Kementerian BUMN dan Kementerian Pertahanan), PT Balai Pustaka dan Universitas Pertahanan. Program ini telah dimulai dari tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan 7 September 2024, dengan rangkaian kegiatan yaitu pendaftaran, pelaksanaan workshop tentang tata cara menulis karya tulis yang disampaikan oleh Balai Pustaka dan workshop mengenai Kemiskinan Ekstrem dan Stunting yang disampaikan oleh Universitas Pertahanan, pengumpulan karya tulis, penjurian hingga pengumuman pemenang yaitu 3 pemenang dari masing masing kategori perguruan tinggi dan kategori SMA.

Pemenang Program ASLI merupakan mahasiswa/i dan siswa/i yang terdapat di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Makassar dan Madiun. Untuk kategori Perguruan Tinggi, Adinda Mei Erawati - Universitas Diponegoro - Putri dari Alm. Kompol (Purn) Sutrisno, Fazhira Putri Nabilla - Universitas Bhayangkara Jaya - Putri dari Alm. Serka (Purn) Mahpudz, dan Rani Nuraeni - STIKes Karsa Husada Garut - Putri dari Alm. Serma (Purn) Tatan.

Sementara untuk pemenang kategori Sekolah Menengah Atas, Pandhu Satria Utama - SMAN 2 Ngawi - Putra dari Sertu Sujud Prasetyo, Nilan Suci Pratiwi - SMA Plus Al Ashri Global Mandiri - Putri dari Pelda Yusri Syam, dan Aryo Hanan Dewangga - SMAN 1 Ngemplak Boyolali - Putra dari Letda Lek Koko Saryanto.

Direktur SDM dan Hukum, Sri Ainin Muktirizka dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kabid TJSL Handaya Basuki pada acara penyerahan hadiah kepada Pemenang yang diselenggarakan secara hybrid menyampaikan, “Kompetisi ASLI Untuk Indonesia ini dilaksanakan sebagai bentuk penguatan engagement ASABRI dengan pesertanya yakni seluruh prajurit TNI, anggota POLRI dan ASN di lingkungan Kemhan dan POLRI, beserta keluarganya”. Hal ini disampaikan mengingat seluruh peserta merupakan anak dari peserta ASABRI.

Disisi lain, Ibu Rismawati istri alm Serka (Purn) Mahpudz selaku perwakilan orang tua merasa bangga dan terharu atas persetasi anaknya sekaligus menyampaikan apresiasi terhadap ASABRI melalui Program ASLI Untuk Indonesia ini. Beliau juga mengucapkan harapan agar ASABRI semakin jaya dan semakin prima dalam memberi layanan kepada para pesertanya.