Dankormar Mayjen Mar Suhartono Resmikan Nama Kesatriaan Marinir di Sorong Papua Barat

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Desember 2021 - 05:46 WIB

Dankormar Mayjen Mar Suhartono
Dankormar Mayjen Mar Suhartono

INDUSTRY.co.id - Sorong- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) didampingi Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E meresmikan nama Kesatrian Marinir Mako Pasmar 3 Agoes Soebekti, Kesatrian Marinir Katapop Abraham Octavianus Atururi dan Gedung Belati Mako Lanmar Sorong yang berlangsung di Gedung Belati Mako Lanmar Sorong Katapop, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Senin (13/12/2021).

Peresmian tersebut ditandai dengan pembacaan biografi Laksamana Muda (Purn) Agoes Sobekti dan Brigjen TNI Marinir (Purn) Abraham Octavianus Atururi, pembacaan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), penandatanganan prasasti dilanjutkan penekanan sirine oleh Dankormar dengan didampingi Danpasmar 3 dan keluarga dari Laksamana Muda (Purn) Agoes Sobekti dan Brigjen TNI Marinir (Purn) Abraham Octavianus Atururi.

Dalam amanatnya, Dankormar mengatakan bahwa peresmian nama gedung tersebut pada hakikatnya merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terealisasinya program Korps Marinir TNI Angkatan Laut dalam upaya melengkapi secara bertahap sarana dan prasarana di jajaran satuan Marinir yang berada di Papua.

“Saya berharap kehadiran para prajurit petarung Korps Marinir di wilayah Papua Barat harus menjadi bagian dari solusi dalam membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat. Korps Marinir senantiasa dan akan terus hadir dalam setiap upaya mitigasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi masyarakat Papua, inilah komitmen dan wujud nyata bahwa Korps Marinir adalah milik rakyat, bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya, seperti diinformasikan Dispen Kormar.

Lebih lanjut dikatakan, penamaan Kesatrian Marinir Pasmar 3 “Agoes Soebekti”, Kesatrian Marinir Katapop “ Abraham Octavianus Atururi” dan gedung “Belati” Mako Lanmar Sorong memiliki makna penting dan menjadi catatan sejarah pengabdian Pasmar 3 dan Lanmar Sorong di tanah Papua.

“Agoes Soebekti” adalah Komandan Korps Marinir pertama yaitu Laksamana Muda TNI (Purn) Agoes Sobekti yang telah berjasa dan memberikan pengabdian terbaiknya kepada Korps Marinir, “Abraham Octavianus Atururi” adalah seorang BrigjenTNI Marinir (Purn) yang merupakan salah satu prajurit Korps Marinir dan putra Papua Barat terbaik yang telah berjasa dalam pembangunan Papua Barat dan berperan besar dalam sejarah berdirinya Pasmar 3.

“Penamaan kedua tokoh tersebut merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan sekaligus menjadi pengingat bagi seluruh prajurit Korps Marinir akan nilai-nilai keteladanan perjuangan dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara,” tegasnya.

Sedangkan Belati diilhami dari ”Senjata Kuno Belati” khas Papua yang merupakan simbol kebanggaan rakyat Papua terbuat dari tulang Kasuari yang biasa digunakan untuk melindungi diri dari serangan musuh. Belati merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan Korps Marinir TNI AL kepada kearifan lokal dan kebudayaan Papua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E,M.Si,M.Tr.Opsla., Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, Ir Koarmada III Laksma TNI Dr.Toto Dwijaya Saputra S,.T.,M.Si.(Han).,M.Tr.Opsla., Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Budi Jatmiko, Danlanmar Sorong Kolonel Mar Anom Widjaja, para Asisten Dankormar, para Asisten Danpasmar 3, para Dankolak/Satlak Pasmar 3, para Forkopimda Sorong dan Ketua PG Kormar Ny. Etta Suhartono beserta pengurus serta Ketua Korcab Pasmar 3 beserta pengurus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…