Di World Fintech Festival, Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Desember 2021 - 09:59 WIB

Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN
Filipina dan Singapura Teken Kerja Sama Pembayaran Digital ASEAN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Filipina dan Singapura mempererat hubungan kerja sama yang berbasiskan teknologi finansial (tekfin) melalui kolaborasi lintaswilayah. Kolaborasi ini akan memperkuat pembayaran regional di ASEAN, dan menghasilkan inklusi keuangan bagi Pekerja Migran asal Filipina (Overseas Filipino Worker/OFW), serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di ajang World Fintech Festival Philippines (WFF) 2021 - Singapore Fintech Festival (SFF) baru-baru ini, Gubernur Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) Benjamin Diokno dan Managing Director, Monetary Authority of Singapore (MAS), Ravi Menon, memperluas Perjanjian Kerja Sama Inovasi Fintek. Perjanjian ini segera menghubungkan sistem pembayaran QR dan seketika (real-time) di kedua negara.

"BSP mengambil langkah awal untuk menghubungkan sistem pembayaran di Filipina dengan sistem-sistem di negara tetangga ASEAN, dan hal ini berawal dari Singapura." kata Gubernur Diokno yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (1/12/2021).

Managing Director, MAS, Menon, menilai ini merupakan sebuah langkah konkret menuju jaringan ASEAN yang terdiri atas sistem pembayaran seketika yang saling terkoneksi.

Peluncuran platform teknologi oleh MAS memperkuat transaksi lintaswilayah ASEAN: Proxtera, memperlancar perdagangan yang dijalankan UKM; arsitektur terbuka API Exchange (APIX) yang mendukung ASEAN dan inovasi finansial global; serta Oxygen, platform peningkatan keahlian dan pengetahuan APIX.

Chief Fintech Officer, MAS, Sopnendu Mohanty, berkata bahwa pembuat terobosan, pengambil kebijakan, dan pakar keuangan mengarahkan topik diskusi SFF 2021, dan menyetarakan. "Konten penting menjadi program sertifikasi pengetahuan, serta sebuah sesi khusus UKM dengan program peningkatan keahlian." katanya

Amor Maclang, Salah Satu Pendiri GeiserMaclang Marketing Communications, Penyelenggara Digital Pilipinas, menyatakan dukungannya terhadap Perjanjian Kerja Sama BSP-MAS: "Kami akan terus melayani BSP dan MAS," katanya.

Kursus-kursus mikrosertifikasi Digital Pilipinas menjawab berbagai tantangan industri melalui digitalisasi, pendidikan, dan tech sandbox.

Dengan dukungan Kementerian Perdagangan dan Industri Filipina, program Business Without Borders (BWB) dan kemitraan Proxtera menghubungkan kalangan UMKM dalam jaringan ASEAN. Digital Pilipinas Academy juga akan menggelar kursus-kursus mikrosertifikasi tentang blockchain.

Lewat programnya, Incremental Industry-Driven Technology Education Resources Authentication Testing Ecosystem (I-ITERATE), kursus-kursus tentang Open Finance, Tekfin, dan teknologi-teknologi baru turut tersedia.

Program sandbox akan dikembangkan Digital Pilipinas bersama instansi-instansi tingkat nasional, berkolaborasi dengan Proxtera, APIX, dan Oxygen. Program ini dapat mempercepat pengembangan teknologi yang sesuai dengan regulasi.

Pembayaran digital yang aman dan cepat
BWB, setelah menghubungkan kalangan UMKM dengan perdagangan internasional, akan selaras dengan Perjanjian Kerja sama BSP-MAS yang telah diperbarui dari versi perjanjian pada 2017.

Director, BSP, Raymond Estioko, berkata, perjanjian versi 2021 akan membuat pembayaran lintaswilayah menjadi lebih murah, inklusif, dan transparan.

CEO Brankas Todd Schweitzer juga menambahkan, pihaknya akan menghubungkan warga Filipina yang belum terjangkau layanan keuangan dengan sistem pembayaran baru dan memperluas inklusi keuangan.

President & CEO, OFBank, Leila Martin, menilai, kalangan OFW segera memperoleh metode pembayaran lintaswilayah yang aman dan bebas dari tindak penipuan.

Setelah perluasan Perjanjian Kerja sama BSP-MAS dan langkah Digital Pilipinas untuk meningkatkan kolaborasi di ASEAN, semakin banyak sektor di Filipina menuju integrasi ekonomi regional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…