9 Digital Skills yang dibutuhkan di Dunia Industri Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Ilustrasi Digital Skills (Ist)
Ilustrasi Digital Skills (Ist)

INDUSTRY.co.id - Keahlian digital merupakan suatu kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi. Kita perlu menguasai digital skills karena tanpa disadari saat ini hampir seluruh aktivitas kita dilakukan secara digital.

Lendy Yustena, Co-Founder GMC Group menyampaikan bahwa saat ini di antaranya terdapat 9 skill digital yang sangat dibutuhkan di dunia industri, yaitu coding, web development, UI/UX design, project management, app development, SEO, excel, copywriitng, dan social media marketing. Ia mengatakan, minimal kita memiliki lebih dari satu keahlian digital tersebut.

“Skill tersebut dibutuhkan di industri saat ini. Kita harus melihat kesempatan perubahan yang ada. Misalnya saat pandemi kita jadi enggak bisa kemana-mana dan solusinya ada di menguasai digital skills karena bisa menembus ruang dan waktu,” ujar Lendy saat menjadi pembicara dalam Webinar Literasi Digital wilayahKabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Kita harus kreatif agar bisa beradaptasi di era ini. Menurutnya, menjadi kreatif dimulai dengan sistem ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Namun, kita juga perlu memperhatikan bahwa ATM ini tidak boleh meniru. Kita harus mengembangkan hal baru dari sesuatu yang telah ada sebelumnya.

“Kita harus menanamkan mindset digital. Mau enggak mau, suka enggak suka digital menjadi satu-satunya jalan supaya bisa sukses atau berhasil,” tuturnya.

Untuk menciptakan midset digital tersebut, kita bisa memperluas networking atau relasi kita dalam dunia digital. Perbanyak ikut komunitas, forum, atau organisasi yang positif di ruang digital. Kemudian, terus belajar hal-hal baru agar bisa meningkatkan nilai atau value diri. Di era ini telah banyak tersedia platform-platform belajar. Tanamkan juga mindset bahwa apa yang dipelajari hari ini mungkin tidak akan relevan dengan kondisi 3-5 tahun mendatang. Oleh karena itu kita harus mempelajari hal-hal baru.

"Di era ini juga, kompetisi bukan menjadi hal utama untuk bersaing. Ia menuturkan bahwa era ini merupakan era kolaborasi di mana orang-orang menggabungkan idenya untuk mendapatkan ide terbaik," jelasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. 

Webinar wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021) juga menghadirkan pembicara,  Cyntia Jasmin (Founder GIFU), Loka Hendra (Head of Food & Beverages Cinepolis Indonesia), Ana Agustin (Managing Partner di Indonesia Global Lawfirm), dan Louiss Regi Aude (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Selasa, 16 April 2024 - 09:42 WIB

Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1, 872 Triliun

Tidak lama ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi apresiasi positif PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Foto Ilustrasi dari https://uici.ac.id/bmkg-rilis-potensi-cuaca-ekstrem

Selasa, 16 April 2024 - 07:16 WIB

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan akan diwarnai adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi.

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.