6 Rahasia Jualan di Marketplace Biar Makin Cuan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 18:25 WIB

Ilustrasi Marketplace (Ist)
Ilustrasi Marketplace (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bertahan di tengah pandemi dengan segala keterbatasannya tentunya tidak mudah, namun berkat adanya internet dan pemanfaatan teknologi semua menjadi mungkin. 

Termasuk untuk para pemilik UMKM yang selama pandemi ini mesti beralih jualan di marketplace atau memiliki toko online. Tentunya sebagai sesuatu yang baru, menjalankan bisnis di marketplace perlu trik tersendiri, terutama bagi pemula yang ingin memanfaatkan sarana digital. 

"Rahasia digital yang penting adalah banyak traffic atau banyak yang lihat dan tahu kita lalu berminat membeli," ujar Henry V. Herlambang CMO Kadobox saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers Industry.co.id.

Dia pun memberikan beberapa trik agar para pemula bisnis UMKM bisa berhasil cuan di marketplace, antara lain:

1.Gunakan foto produk yang baik. Dari segi pemilihan angle foto hingga kualitas resolusi foto produk harus baik sehingga pembeli dapat dengan jelas melihat produknya. Anda pun bisa menggunakan jasa foto produk yang terjangkau namun memiliki hasil bagus.

2.Deskripsi produk yang lengkap dan menarik merupakan salah satu kunci. Berikan keyword produk yang tepat sesuai dengan mesin pemcarian Google dan deskripsi terkait produk lengkap sehingga calon pembeli bisa mengetahui informasi produk dengan jelas. 

3.Berikan keunggulan atau kelebihan dari produk lainnya yang sejenis sehingga pembeli menjadi tertarik. 

4.Meminta teman dan kenalan untuk berkunjung ke toko kita di marketplace, berikan link dan minta mereka memberi ulasan.

5.Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk, dari sini maka bisnis akan bertumbuh dengan banyak customer baru dan pembelian berulang. 

6.Gunakan alat pembayaran elektronik untuk mempermudah, namun sertakan juga pilihan COD (cash on deivery) karena ada potensi bagi masyarakat untuk jenis pembayaran lainnya. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Iman Darmawan seorang Fasilitator Public Speaking, Ari Budi Wibowo Kepala Bidang Kemitraan Siberkreasi, dan Nandya Satyaguna seorang Medical Doctor. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.