Bunda, Ini 3 Cara Melindungi Anak di Ruang Digital Agar Lebih Aman

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 17:45 WIB

Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)
Ilustrasi anak sibuk main gadget.(Freepik)

INDUSTRY.co.id - Internet sudah menjadi bagian dari keseharian setiap orang, terlebih setelah pandemi. Anak-anak yang seelumnya hampir tidak mengenal gawai sebelum usia cukup kini menggunakannya untuk sekolah daring. Sementara bahaya internet mengancam sebagai generasi penerus, orangtua perlu melindungi anak di ruang digital.

"Ada tiga motivasi anak dan remaja untuk mengakses internet, yaitu mencari informasi, terhubung dengan teman lama maupun baru, dan sebagai sarana hiburan," kata Firman RNI, Guru BK SMA I Majalengka, Direktur Biro Konseling Edupotensia saat menjadi nara sumber di webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Lebih lanjut dia mengatakan motivasi konsumsi internet untuk hiburan ini yang berpotensi untuk menurunkan kepribadian dan mental yang negatif pada anak, sehingga perlu adanya dasar pemahaman dari orangtua. 

Permasalahan yang menjadi dampak buruk internet bagi anak secara umum yaitu ancaman paparan pornografi, perilaku bullying, dan kecanduan game online. Namun saat anak bisa memilih mana yang memberi dampak positif, tentunya semua kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi. 

Lalu bagaimana cara agar anak memiliki pondasi yang kuat dalam memilah konten positif di internet? Beberapa solusi yang bisa para orangtua pilih adalah menjalin komunikasi yang harmonis dengan anak. Selanjutnya berikan batas waktu penggunaan gawai pada anak, cara ini dilakukan untuk menghindari kecanduan. 

"Sesuaikan batas waktu penggunaan gawai per hari pada anak sesuai usianya. Ketiga cara untuk melindungi anak adalah membangun komitmen, membuat aturan yang disepakati bersama terkait penggunaan gawai anak dan orangtua," tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini hadir pula narsumber lainnya yaitu Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Diding B, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Majalengka, dan Asri Julaeha, Founder Rilion Education Center. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…