Perbankan Syariah Diharapkan Jadi 'Keran' Pembiayaan Nasional

Oleh : Wiyanto | Minggu, 20 Juni 2021 - 18:55 WIB

Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo
Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia, Abdullah Firman Wibowo

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi untuk memperkuat literasi keuangan syariah. Salah satunya dengan menggelar webinar untuk mahasiswa, akademisi, dan masyarakat luas yang diikuti lebih dari 1000 peserta.

Kegiatan literasi bertajuk "Langkah Terarah Perbankan Syariah" itu didukung oleh KNEKS, Shafiec UNU Yogyakarta, Mardliyah Islamic Center UGM serta Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM dan dilakukan pada Sabtu, 19 Juni 2021.

Adapun narasumber yang hadir pada webinar tersebut antara lain Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono, Wakil Direktur Utama 2 Bank Syariah Indonesia Abdullah Firman Wibowo, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Eko Suwardi, Direktur Infrastruktur Ekonomi Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat dan Dosen Fakultas Hukum UGM Khotibul Umam.

Menurut Wakil Direktur Utama 2 BSI Abdullah Firman Wibowo, populasi Indonesia saat ini mayoritas adalah kaum milenial yang dekat dengan digital. Untuk itu, sistem keuangan syariah juga akan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menjangkau dan memudahkan kaum milenial.

"Kami optimis, segala tantangan yang dihadapi perbankan syariah di Indonesia, dapat diatasi melalui kolaborasi dengan para pakar, memanfaatkan teknologi dan berbagai langkah yang terarah sehingga kedepan, perbankan syariah mampu menempati papan atas di percaturan perbankan di Indonesia," kata Firman Wibowo.

Melalui langkah itu, lanjut Firman, Indonesia juga diharapkan dapat menjadi rujukan perbankan syariah di dunia dengan keunggulan jumlah penduduk muslim terbesar.

“Semoga acara ini dapat memberikan informasi bagaimana prospek perbankan syariah di Indonesia, tantangan yang dihadapi dan bagaimana mengatasinya sehingga perbankan syariah dapat tumbuh dengan baik memenuhi harapan yang besar dari masyarakat muslim dan masyarakat secara umum”, Ujar Rektor UGM Panut Mulyono dalam sambutannya.

Universitas Gadjah Mada mendukung penuh terhadap upaya edukasi dan sosialisasi keuangan syariah yang saat muncul dan tumbuh dengan sangat baik. Terlihat dengan munculnya program studi, pusat studi dan komunitas forum diskusi yang terkait dengan keuangan syariah. Mardliyah Islamic Center UGM saat ini memiliki kepedulian terhadap bisnis, keuangan dan enterprenuer yang berasaskan syariah dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga di luar UGM seperti BSI, OJK dan KNEKS.

Harapannya BSI dapat menjadi role model kemudian bisa memberikan pengayoman kepada bank-bank kecil terutama di daerah seperti BPD Syariah, BPRS. Selain itu, dalam menjalankan perbankan sayariah saat ini perlu mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan big data, algoritma dan artificial intelegence dalam menjadi bank syariah yang mampu memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.

Beberapa hal yang menjadi kesimpulan dalam materi yang disampaikan narasumber adalah pertama, penyatuan kepemilikan bank syariah merupakan salah satu alternatif menjalankan amanah undang-undang. Kedua, bahwa pengalaman merger tiga bank syariah ternyata mampu menggabungkan potensi terbaik masing-masing bank syariah sehingga menjadi kekuatan yang luar biasa. Ketiga, merger bank syariah merupakan sebuah langkah untuk menjadikan bank syariah yang efisiensi berdaya saing dan sustainable.

Literasi keuangan syariah diharapkan dapat terus meningkat sehingga berdampak pada transaksi keuangan syariah yang lebih masif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…