Hutama Karya Bali City Cycling Dukung Pemulihan Ekonomi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 20 Juni 2021 - 17:00 WIB

Hutama Karya Bali City Cylicing
Hutama Karya Bali City Cylicing

INDUSTRY.co.id - Denpasar  – Tak hanya melalui pembangunan infrastruktur di daerah, sebagai bentuk komitmen PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia dalam mendukung program pemulihan ekonomi akibat dampak Pandemi Covid-19 yang diinisiasikan oleh Pemerintah Indonesia, perusahaan menggelar kegiatan City Cylicing : Bali Series pada Sabtu, (19/6/2021).

Mengambil lokasi di Nusa Dua, Bali kegiatan City Cycling : Bali Series dihadiri langsung oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Andy Hadianto serta diikuti oleh total ±70 peserta yang berasal dari 8 negara.

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra menyampaikan bahwa City Cycling : Bali Series diselenggarakan sebagai wujud nyata hadirnya Hutama Karya dalam membantu sektor pariwisata daerah.

“Dalam kondisi di tengah Pandemi Covid-19 seperti ini, Hutama Karya menginisiasi event sport tourism yang bernama HK Endurance Challenge Lombok Series dengan jarak 123 km. Hal ini sejalan dengan himbauan Pemerintah untuk bersinergi bersama-sama mendukung program pemulihan ekonomidi daerah-daerah tourism. Adapun kegiatan di Bali ini sebagai race pre-event menuju HK Endurance Challenge yang akan diselenggarakan di Lombok. Salah satu alasan dalam memilih Bali dan Lombok untuk venue kegiatan adalah karena terdapat beberapa proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan di wilayah tersebut seperti Proyek Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Sanur di Bali & Proyek Perpanjangan Bandara Internasional Lombok serta Proyek KEK Mandalika di Lombok. Selain itu, kami juga mendukung Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas. Tentunya dengan adanya HK Endurance Challenge juga diharapkan dapat menjadi ajang pre-event dalam menyambut perhelatan MotoGP dan Superbike di Mandalika tahun ini.” terang Novias.

Lebih lanjut Novias menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini Hutama Karya membawa misi untuk mendongkrak kembali perekonomian daerah yang telah memberikan kepercayaan kepada Hutama Karya dalam membangun proyek-proyek penting di daerah tersebut. Meski digelar di tengah Pandemi Covid-19, Hutama Karya memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan mengikuti prosedur yang berlaku dari Pemerintah setempat. “Setelah berdiskusi dengan para partisipan City Cycling : Bali Series, mereka sangat mengapresiasi dan tidak memiliki ekspektasi apapun, karena terus terang Hutama Karya memang bukan penyelenggara event seperti ini, namun feedback yang mereka berikan, acara ini luar biasa. Partisipan pre-event HK Endurance Challenge ini tidak hanya terdiri dari karyawan HK, namun para triathlete (triathlon athlete) Indonesia bahkan mancanegara. Untuk para triathlete mancanegara adalah warga negara asing yang tinggal di Indonesia atau ekspatriat yang telah terjamin

kesehatannya dan tentunya memiliki influence cukup besar bagi negara masing-masing. Dengan itu kami berharap mereka mampu menjadi jembatan untuk menyampaikan pesan kepada dunia tentang keramahan dan keindahan alam Indonesia. Dengan demikian, meski berlangsung di tengah Pandemi, kami pastikan bahwa rangkaian kegiatan HK Endurance Challenge berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.” imbuh Novias.

Kegiatan City Cycling : Bali Series ini diharapkan dapat meningkatkan awareness serta sebagai kegiatan latihan bersepeda bagi para peserta menjelang main event HK Endurance Challenge Lombok Series. City Cycling : Bali Series sepanjang 123 Km ini dimulai pukul 05.30 WITA hingga 14.30 WITA dengan rute yakni : ITDC Nusa Dua – Jl. Raya Pantai Lebih – Jl. Mahendradata – Goa Gajah – Jl. Monkey Forest – Jl. Raya Ubud – Jl. Raya Lungsiakan – Jl, Raya Kedewatan I – Jl. Raya Semana – Jl. Raya Sibang Kaja – Pura Tirta Taman Ayun – Jl. I. Gusti Ngurah Rai – Jl. Ahmad Yani – Jl. Tanah Lot – Jl. Raya Canggu – Jl. Sunset Road – Jl. By Pass Ngurah Rai – ITDC Nusa Dua. Selain itu, Hutama Karya pun menyiapkan spot Water Break Station bagi para peserta yang berlokasi di Warung Indah 2, Monkey Forest, Street Kitchen Tanah Lot dan Simpang Dewa Ruci.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan City Cycling: Bali Series ini, mulai dari Pemda, Tim Satgas, Dishub, kepolisian daerah setempat, ITDC Nusa Dua dan stakeholder lainnya sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Kami juga berharap dukungan, kolaborasi dan kerja sama dari seluruh pihak baik Pemerintahan NTB, BUMN ITDC, Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama menyukseskan main event HK Endurance Challenge Lombok Series yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang sehingga mampu mencapai tujuan acara yakni mendukung program pemulihan ekonomi setempat dan memperkenalkan Indonesia kepada dunia.” tutup Novias Nurendra, Direktur Operasi I Hutama Karya.

 

Apresiasi terhadap penyelenggaraan City Cycling – Bali Series ini juga disampaikan oleh Ketua Umum KONI Nusa Tenggara Barat (NTB) Andy Hadianto, “Saya menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya karena telah menepis keraguan dalam menyelenggarakan event di tengah pandemi. Dengan rute sepanjang 123 Km ini bukan hanya sekedar angka, tapi memiliki nilai filosofis yaitu mari kita mulai semuanya kembali. Event sport tourism ini bukan hanya untuk olahraga namun memiliki multiplier effect yang luar biasa yakni menghidupkan kembali semua sektor yang terdampak akibat Covid-19 seperti pariwisata, perhotelan, restoran, rental car, dan sebagainya serta efek lainnya yaitu media value. Dengan adanya event ini membantu Pemerintah Indonesia dalam mempromosikan Indonesia khususnya saat ini Bali kepada khalayak umum. Kami juga mendukung penuh penyelenggaraan HK Endurance Challenge di Lombok, dengan protokol kesehatan yang ketat dan baik tentunya semua harus terus berjalan demi menggerakan roda perekonomian daerah.” terang Andy Hadianto, Ketua Umum KONI NTB.

City Cycling : Bali Series merupakan kegiatan olahraga ketahanan yang menawarkan aktivitas olahraga bersepeda berkeliling Bali sejauh 123 Km yang dimulai dan diakhiri di Hotel Merusaka Kawasan ITDC Nusa Dua. Kegiatan City Cycling : Bali Series melibatkan stakeholder Hutama Karya serta ±70 (enam puluh) endurance cycling enthusiast lokal maupun mancanegara. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang pre-event menyambut penyelenggaraan HK Endurance Challenge Lombok Series yang akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2021 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…