Langkah Awal Jadikan Borobudur Situs Ziarah Dunia, Umat Buddha Gelar Ritual Mandala Puja Borobudur

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Maret 2021 - 19:25 WIB

Umat Buddha di Candi Borobudur
Umat Buddha di Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Belasan umat Buddha mengikuti upacara Mandala Puja Borobudur di area utama Candi Borobudur, Jumat (26/2/2021). Upacara yang berlansung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan pada upaya menjadikan Borobudur sebagai situs ziarah umat Buddha sedunia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bhante Ditthisampanno yang memimpin jalannya kebaktian Mandala Puja Borobudur ini. “Kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang kita lakukan untuk menyambut dan mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu tempat peribadatan umat Buddha seluruh dunia,” ucapnya.

Kepala Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia ini juga meminta pada pengelola, baik Balai Konservasi Borobudur maupun PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) sebagai pengelola zona II untuk memfasilitasi umat Buddha yang ingin melaksanakan kebaktian di Candi Borobudur. Pihaknya juga bersedia untuk bekerjasama menyusun tatacara ziarah yang benar di Candi Borobudur.

“Untuk ziarah tidak di atas candi. Kami menghormati candi sebagai situs spiritual. Hanya Pradaksina mengelilingi candi saja. Mungkin kami bisa difasilitasi satu area yang tidak mengganggu pengunjung candi,” lanjutnya.

Rombongan doa bersama Mandala Puja Borobudur kali ini berasal dari akademisi Sekolah Tinggi Agama Buddha di Jawa Tengah. Ritual doa bersama diawali dengan melantunkan pujian Parita Suci. Selanjutnya, dengan berbaris mereka menuju Candi Borobudur untuk melakukan Pradaksina atau mengelilingi candi searah jarum jam sebanyak tiga kali putaran.

Sementara itu, PT TWC selaku pengelola zona II kawasan Candi Borobudur mendukung penuh ritual keagamaan ini. 
“Kami sangat mendukung sekali. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan,” ucap General Manager PT TWC Unit Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Seperti diketahui, PT TWC telah banyak menyelenggarakan acara yang turut melibatkan umat Buddha, baik di Indonesia maupun dari luar negeri. 

“Sebelum inipun, kami bersama BKB telah banyak terlibat dalam prosesi seperti Waisak dan prosesi keagamaan lainnya. Kami sangat mendukung. Kami juga berharap, setelah ritual selesai, peserta bisa mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di TWC Borobudur, seperti museum, Bukit Dagi, Manohara Resto dan lainnya,” tutup Putu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…