DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta

Oleh : Herry Barus | Rabu, 30 Desember 2020 - 06:39 WIB

DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta
DRD DKI Jakarta dan ADPI Siap Kerahkan Dosen Bangun Wilayah Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Membangun Jakarta untuk mewujudkan program  Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, maju kotanya bahagia warganya lestari budayanya, memerlukan kolaborasi dan partisipasi aktif  semua pihak. Tidak dapat dibebankan hanya pada pemerintah provinsi saja. Salah satu pihak yang siap berkolaborasi dan berpartisipasi aktif membangun wilayah DKI Jakarta adalah Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi  DKI Jakarta bersama para dosen yang tergabung dalam asosiasi dosen pengabdian kepada masyararakat (ADPI) DKI Jakarta.

Di wilayah DKI Jakarta saat ini terdapat sekitar 400 perguruan tinggi swasta (PTS) selain perguruan tinggi negeri. Setiap perguruan tinggi swasata memiliki puluhan bahkan ratusan dosen yang minimal berpendidikan strata dua (S2). Setiap dosen memilik kewajiban menjalankan tri darma perguruan tinggi. Selain pengajaran juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Penelitian dan pengabdian pada masyarakat dosen dosen perguruan tinggi di DKI Jakarta dapat dilakukan untuk membantu  membangun wilayah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta di wilayah yang masih perlu percepatan. Pembangunan. Salah satunya wilayah Kepulauan Seribu. DRD DKI Jakarta sebagai bagian dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten administrasi kepulauan seribu, Provinsi DKI Jakarta, dapat memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen beserta mahasiswa nya di kepulauan seribu.

Hal tersebut disampaikan Ketua DRD DKI Jakarta, Prof Dr Kemas Ridwan Kurniawan Msc, dalam acara Seminar Online (Webinar) Nasional yang bertema “ Kolaborasi Dewan Riset Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan Dosen Perguran Tinggi Dalam Pembangunan Wilayah dan Peningkatan Kesejahteraan masyarakat Kepulauan Seribu,Provinsi DKI Jakarta.”  Webinar yang diselenggarakan Kerjasama antara DRD DKI Jakarta dengan Asosiasi Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (ADPI) DKI Jakarta ini, dipandu moderator yang juga sekretaris komisi I DRD DKI Jakarta, Eman Sulaeman Nasim.

Selain Kemas Ridwan Kurniawan, Ketua Komisi I DRD DKI Jakarta Isroil Samiharjo,  Ketua ADPI Pusat Prof Dr Zaim. M. Hum  yang memberikan sambutan pembuka, hadir juga kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryono, menyampaikan sambutan kunci  (Keynote speech) dalam Webinar Nasional tersebut. Sedangkan Kesimpulan Webinar disampaikan Ketua ADPI DKI Jakarta Resista Vikaliana.

Dalam webinar nasional tersebut, tampil sebagai pembicara masing masing, Bupati Kepala daerah administrasi Kepulauan Seribu Junaidi. Pakar hukum dari Universitas Indonesia (UI) dan Pakar kelauatan Widodo Setyo Pranowo, keduanya anggota komisi I DRD DKI Jakarta. Dan Pakar  matematika dan statistic yang juga bendahara ADPI DKI Jakarta Nur Aini.

“DRD DKI Jakarta, berkolaborasi dengan ADPI Jakarta dan ADPI pusat siap bekerjasama dalam rangka ikut mempercepat pembangunan wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi DKI Jakarta khususnya masyarakat kepulauan seribu, berdasarkan kajian ilmiah,” papar ketua DRD DKI Jakarta Kemas Ridwan Kurniawan.

Masih Tertinggal

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Nasrudin Joko Suryono mengakui, dibandingkan derngan daerah lainnya di wilayah Jakarta, pembangunan  di Kabupaten administrasi kepulauan seribu masih tertinggal. Namun demikian, pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibawah kepemimpinan Anies Baswedan  selama tiga tahun ini terus melakukan pembangunan di segala bidang. Termasuk pembangunan pembakit listrik tenaga surya. Pembangunan mesin pengelolaan sampah dan peningkatan sarand an prasarana pariwisata di wilayah kepulauan seribu.

“Meski demiikian, bila dibandingkan dengan daerah lainnya di seluruh Indonesia, pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakat kepulauan Seribu saat ini masih lebih baik dibandingkan daerah dan masyrakat di provinsi lain,” papar Kepala Bappeda DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryono.

Baik kepala Bappeda DKI Jakarta Nasrudin Joko Suryomo maupun Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Junaidi, menyambut baik kolaborasi DRD DKI Jakarta dengan dosen dosen yang tergabung dalam ADPI Jakarta yang akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kedejahteraan masyarakat kepulauan seribu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Kamis, 18 April 2024 - 15:09 WIB

Top! KoinWorks Group Melaporkan Profitabilitas Untuk Dua Lisensi Bisnis

Jakarta- KoinWorks Group mengumumkan status profitabilitas untuk dua lisensi legalnya, yaitu BPR KoinWorks Sejahtera Annua (KoinWorks Bank) dan Lunaria Annua Teknologi (LAT).

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…