Agar Selalu Sehat di Tengah Pandemi, Berikut Isi Ceramah Subuh Kepala Labor RS-Unand yang Patut Disimak

Oleh : Kormen Barus | Senin, 21 September 2020 - 08:42 WIB

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist
Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

INDUSTRY.co.id, Jakarta, dr.Andani Eka Putra M.Sc Kepala Labor RS-Unand, pada Minggu 20 September setelah Shalat Subuh di Masjid Muhajirin Mawar Putih, menyampaikan ceramah dengan tema Pencerahan penularan Wabah Covid-19.

Pesannya tersebut telah viral di beberapa grup whatsapp. Redaksi Industry.co.id melansir beberapa pesannya yang dasyat ini pada Senin (21/9). Berikut rangkumannya:

Pertama, penularan covid-19, jangan membuat rasa ketakutan yang berkelebihan, krn virus covid-19 pada dasarnya tdk sebagai penyebab utama kematian. Virus ini baru berakibat fatal bagi manusia apabila kita memiliki penyakit bawaan spt gula, hipertensy, jantung dll.

Kedua, rasa takut yang berkelebihan akan membuat kita stres dan menurunnya daya imun kemudian penyakit bawaan yg ada pada kita akan terdorong untuk kambuh (tensi. gula darah akan naik, kerja jantung akan terpacu dll), penyakit bawaan inilah yg    cendrung membuat kematian.

Ketiga, penularan covid-19 hanya melalui hidung dan mulut (tidak melalui kulit), orang yg sdh tertular batuk, bersin atau berbicara berhadapan (tidak pakai masker), akan menularkan virus yg ada dikerongan/rongga hidung nya kpd org lain.

Keempat, Kebugaran tubuh akan memproteksi diri dari penularan/ berkembangnya virus dalam tubuh kita. Artinya kalau kita tertular ttp kita memiliki daya tahan tubuh yg baik. maka dalam  14 hari virus akan mati sendiri.

Kelima, kondisi sekarang sebetulnya orang yg tertular dipekirakan cukup banyak, ttp krn daya tahan tubuhnya baik, tdk terlihat gejalanya dan sembuh sendiri.

Keenam, sampai sekarang obat untuk penangkar/penyembuh yg tertular covid belum ada.

Ketujuh, di Sumatera Barat (walau secara nasional dinilai terbaik penanggulangan covid), kasus yang muncul masih cendrung meningkat.

Untuk mengantisipasi penularan lakukan hal-hal sebagai berikut:

Pertama, bangunlah kehidupan yang santai, rilek tdk dibebani dg fikiran yg membuat kita stres, dengan sendirinya daya tahan/imun kita juga akan kuat.

Kedua, tingkatkan daya tahan tubuh dengan  menjaga gizi dan mengkonsumsi vitamin serta olah raga

Ketiga, untuk menghindari kita tertular, pakai masker, jaga jarak (terutama kalau berkomunikasi dengan org lain), cuci tangan apabila kita menyentuh media penularan.

Keempat, apabila kita kembali dari menghadiri suatu keramaian, sampai dirumah lansung mandi dan pakaian direndam dengan ditergen.

Kelima, jenazah yang terpapar covid. setelah dikafani, dibungkus plastik, disemprot disinfektan dan dimasukkan dalam peti pada dasarnya sudah memproktek penularan virus.

Keenam, pada media yang  terkena cahaya matahari lansung. virus tdk bertahan hidup dan akan mati sendiri.

Ketujuh, virus bisa dimodifikasi untuk tujuan merusak ekonomi, politik dan lain lain.

Semuanya itu dibungkus dengan memperkokoh Keimanan dan Ketaqwaan Kita Kepada Allah SWT          

               

               

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…