Tawarkan Keindahan Alam yang Eksotik, Desa Wisata Cibuntu Siap Manjakkan Wisatawan di Era New Normal

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:35 WIB

Desa Wisata Cibuntu
Desa Wisata Cibuntu

INDUSTRY.co.id - Kuningan - Kuningan dikenal luas sebagai surganya wisata alam di provinsi Jawa Barat. Sehingga bisa dibilang Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata terbaik dan paling aman dari resiko penyebaran Covid-19. 

Momentum Adaptasi Kebiasaan Baru ini pun seakan menjadi kesempatan terbaik bagi Kabupaten Kuningan untuk semakin mempromosikan diri menjadi salah satu destinasi wisata terbaik bagi para wisatawan domestik. 

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Desa Cibuntu juga pernah mewakili Indonesia untuk Asia Tenggara.

Berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Cibuntu dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. 

Tak hanya itu, Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Kepala Desa Wisata, H. Awam mengungkapkan bahwa kawasan Desa Wisata Cibuntu ini sangat dijaga baik kelestarian dan tetap dikelola oleh pihak lokal secara tradisional.

"Kami cukup bangga menjadi bagian dari Desa Wisata Cibuntu yang memiliki daya tarik bukan karena hiasan saja yang mempercantiknya, akan tetapi pembinaan berkesinambungan dan komitmen komunitas masyarakatnya dalam menjaga keberadaan Desa Wisata Cibuntu yang jadi kekuatan utama. Masyarakat Desa Wisata Cibuntu pun selalu menjaga Sapta Pesona sebagai acuan mengelola keberlangsungan Desa Wisata ini," terangnya di Kuningan (28/8/2020).

Dijelaskan Awam, banyak yang belajar pengelolaan tentang desa wisata ke sini, dari Sulawesi, Yogya, Solo, dan lainnya. "Ini desa wisata, bukan obyek wisata. Launching awal desa wisata itu pada tahun 2012," terangnya.

Lebih lanjuy, Awam menjelaskan jumlah penduduk di desanya tak terlalu banyak. Namun ia bersyukur masyarakatnya kompak untuk mewujudkan Cibuntu sebagai desa wisata. 

Pembinaan terhadap masyarakat desa tentang sapta pesona wisata, menurut dia, salah satu hal yang penuh perjuangan.

"Alhamdulillah, sekarang masyarakat sadar akan sapta pesona itu. Utamanya kita memberikan kenyamanan, kebersihan, sopan, dan lainnya. Setiap ada tamu, kita jamu dengan tradisi kita," jelasnya.

Ia menceritakan gagasan menjadikan Cibuntu sebagai desa wisata berawal dari penelitian tiga mahasiswa Universitas Trisakti. Dari hasil penelitian itu, sambung Awam, mahasiswa Trisakti menyimpulkan bahwa Cibuntu memiliki potensi besar dalam bidang kepariwisataan.

"Kita langsung bergerak, waktu itu tahun 2011. Dan, 2012 kita launching. Di sini, kandang domba itu tidak ada di perkampungan, masyarakat yang memiliki domba dipisahkan dan disatukan di lahan tersendiri. Kita atur semua, bina masyarakatnya," tutup Awam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…