Sri Mulyani Unggah Momen Bareng Jokowi 22 Tahun Lalu, Netizen: Merinding Saya Bacanya...

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:22 WIB

Presiden Jokowi dan Sri Mulyani 22 Tahun Lalu
Presiden Jokowi dan Sri Mulyani 22 Tahun Lalu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah tulisan berjudul Throwback 22 Tahun yang lalu di media sosial miliknya pada Kamis sore (13/8).

Dalam unggahannya, Ia menjelaskan Indonesia mengalami krisis ekonomi yang dahsyat pada tahun 1998. Dimana ekonomi merosot tajam hingga minus 13,7% dan mata uang Rupiah kolaps dari awalnya Rp2350 menjadi Rp16.000 per dollar Amerika.  

Kondisi tersebut menyebabkan banyak perusahaan dan bank kecil hingga besar mengalami kebangkrutan.

"Sebagai ekonom yang mengajar di Universitas Indonesia, saya diundang dalam sebuah seminar di Solo, untuk menjelaskan mengapa krisis ekonomi terjadi dan bagaimana menyelamatkan ekonomi Indonesia ke depan," jelasnya.

Dikatakannya, pengundang dan sponsor seminar tersebut adalah Pak Jokowi seorang pengusaha eksportir furniture yang justru mendapatkan berkah luar bisa dalam kondisi krisis tersebut, karena penerimaan ekspor dalam US dollar melonjak lebih dari enam kali lipat. 

"Pak Jokowi menggunakan “windfall profit”  secara bijaksana dengan menambah kapasitas produksi, berhasil memanfaatkan situasi krisis justru untuk mengembangkan usahanya," ujar Sri.

Namun, lanjut Sri, 22 tahun kemudian, Pak Jokowi adalah Presiden Republik Indonesia, dan saya diminta beliau menjadi Menteri Keuangan. 

"Saat ini, Indonesia dan dunia menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19. Dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, kita berupaya mengatasinya berupaya mengulang moment hebat 14 Agustus 1998," terang Sri Mulayani. 

Untuk itu, dijelaskan Sri, berbagai program pemulihan ekonomi terus digenjot guna membantu masyarakat, untuk memulihkan dan membangkitkan usaha kecil menengah, dan menumbuhkan kembali kegiatan ekonomi. 

Diakhir unggahannya, Sri Mulyani menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap terus bekerja keras dan bersemangat dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan kedepan.

"Kalian 22 tahun kedepan bisa menjadi apa saja. Rajut masa depanmu dengan tidak berhenti belajar, bekerja keras, jujur dan cerdas. Miliki mental baja, jangan menyerah menghadapi cobaan dan ujian apapun. Jangan lupa selalu berdoa..!," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mulyani tersebut menuai banjir pujian dari para warganet.

Berikut kutipan beberapa komentar warga yang dikutip redaksi Industry.co id Kamis sore dari laman @Sri Mulyani.

"Merinding Saya membacanya....Sehat Terus Pk Presidenku Jokowi & Ibu Keuangan Sri yg Pintar Mengelola Uang Negara.Semoga Allah selalu Melindungi kalia Berada.Amiin," ujar akun Hasannah Ibrahim.

"Smart woman...menteri keuangan terhandal di RI. Semoga sehat selalu bu menteri...Allah SWT semoga senantiasa selalu menjaga ibu, dampingi bp Jokowi unt mengatasi krisis yg melanda hampir seluruh negara," ungkap akun Lia Styowati.

"Sejak bu Sri mahasiswa dan suka menulis di kompas ,terus pengamat,dosen aku sdh ngefans sm ibu.  Aku bangga sm ibu dan pak jokowi  atas dedikasinya  yg luar biasa utk kemajuan Indonesia . Tetap semangat  ya bu.  Salam sehat sll," cuit @ida Htpea.

"22tahun yg lalu saya baru lahir bu.. Semangat terus buuu.. Saya pengen deh suatu saat jd Menteri kaya Ibu..," sebut akun @Fetta Insani Putri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion