Isu Reshuffle Kembali Menguak, Menteri Dilarang Tinggalkan Jakarta Hingga 22 Agustus, Ini Penjelasan Tjahjo Kumolo

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:05 WIB

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Belakangan ini beredar informasi ada imbauan agar para menteri tidak meninggalkan Jakarta mulai hari ini hingga 22 Agustus 2020. 

Tersiar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo mengaku tidak mengetahui mengenai larangan meninggalkan Jakarta.

"Saya kok tidak ada pemberitahuan dari pejabat Istana," ujar Tjahjo kepada rekan media, Kamis (13/8/2020).

Hal senada disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

"Saya sampai dengan hari ini, belum pernah dengar imbauan tersebut," ungkap Juliari menanggapi kabar yang ramai beredar di kalangan media tersebut.

Salah satu staf pejabat di lingkungan Istana, menolak berkomentar banyak menyangkut para menteri harus tetap di Jakarta.

"Belum ada info," ujarnya seraya menyebut masih banyak anggota Kabinet Indonesia Maju yang berada di daerah.

Sementara itu dalam survei yang dirlis Charta Politika Indonesia baru-baru ini, mayoritas publik berharap Presiden melakukan reshuffle. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengungkap sebanyak 73,1% responden menyetujui rencana reshuffle. Hanya 13,3% yang tak setuju, dan 13,6% memilih tidak jawab/tidak tahu.

"Sebanyak 73,1 persen mengatakan setuju (reshuffle). Ini lebih esktrem dibandingkan dengan rilis survei Indikator Politik Indonesia," kata Yunarto saat merilis survei, Rabu (22/7/2020).

Diukur dari kinerja jajaran Kabinet Indonesia Maju, menurut Yunarto, tingkat kepuasan publik masih rendah.

"Hasilnya adalah 49,7% masyarakat merasa puas, sementara 44,1% tidak puas. Selisihnya tidak jauh," ujarnya.

Survei Charta Politika Indonesia juga mencatat Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebagai menteri terpopuler. Yunarto menjelaskan Terawan menjadi menteri yang paling banyak didengar dan dilihat masyarakat. Menurutnya, hal ini tentu berkaitan erat dengan tugas-tugas Terawan menangani Covid-19.

Terawan memiliki popularitas 18,6%, Sri Mulyani (13,7%), Doni Monardo (8,2%), Juliari Batubara (4,3%), Tito Karnavian (4%), dan Erick Thohir (3,3%).

Berikutnya Nadiem Makarim (1,7%), Airlangga Hartarto (1,4%), Abdul Halim Iskandar (1,1%), Fachrul Razi (1,1%), Budi Karya Sumadi (1,1%), Jenderal Idham Azis (1%), dan Marsekal Hadi Tjahjanto (1%).

Meski menjadi yang terpopuler, menurut Yunarto, nama Terawan tidak masuk sebagai menteri berkinerja terbaik. Publik antara lain justru memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai yang terbaik. Prabowo dipilih 12,8% responden, diikuti Sri Mulyani (11,5%), Erick Thohir (5,8%), Mahfud MD (4,6%), Basuki Hadimuljono (4,2%).

"Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (awareness) yang tinggi atau pos kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi Covid-19," kata Yunarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin