Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.
Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

INDUSTRY.co.id - Kabupaten Sumenep - Pertunjukkan teatrikal mengawali dibukanya kegiatan Madura Writers Readers Festival (MWRF) di Kabupaten Sumenep oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo di Universitas Bahaudin, Selasa, (24/4/2024). 

Teatrikal berjudul 'Kembalikan Kejayaan Nusantara Dengan Membaca' itu dipentaskan oleh Teater Tatak Parjuga SDN Juluk I Saronggi.
 
Dalam kesempatannya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan saat ini kompetisi di dunia sangat ketat. Tanpa ilmu mustahil bisa melakukan perubahan. Tanpa ilmu akan sulit menjadi pemenang. Namun, ilmu tidak akan diperoleh jika tidak diupayakan atau lewat pendidikan. 

"Sulit dikatakan sebagai manusia yang kompetitif jika tidak membaca," ucap Bupati Achmad Fauzi.
 
Indonesia menargetkan ketika memasuki usia satu abad kemerdekaan pada 2045 mendatang menargetkan masuk ke dalam jajaran negara terkuat di dunia. Hal ini beralasan mengingat bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini. 

Bonus demografi adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia. 

"Keunggulan tersebut harus dibarengi dengan kemampuan yang kompetitif," tambah Bupati Sumenep. 

Dalam sesi bincang-bincang dengan Duta Baca Indonesia Gol A Gong, penulis buku Gramedia Vivi Nafidzatin Nadhor mengajak masyarakat mengubah mind set (pola pikir) gagalnya kebiasaan membaca dilakukan bukan karena kesibukan, melainkan rasa malas. 

"Justru kebiasaan itu harus dipaksa. Kita harus berani menargetkan, misal satu buku habis dibaca dalam sebulan. Atau komitmen mematikan HP selama satu jam, demi kebiasaan membaca, " ujar Vivi.
 
Pegiat literasi Widawati menambahkan hingga kini sudah banyak tumbuh komunitas literasi di Sumenep. Bahkan, mayoritas anggota komunitas merupakan penulis. 

"Bagi seorang pegiat literasi, aktivitas menulis dan menghasilkan karya merupakan letak kebahagiaan," ungkapnya. 

Selain disemarakkan dengan kehadiran budayawan senior Kyai Zawawi Imron dan para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, MWRF 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…

Ahmad Himawan Ketua YKMI

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:30 WIB

YKMI Nyatakan Dukungan Terhadap Aksi Palestine Solidarity Camp

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terhadap Palestina dengan…