Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Bahana TCW
Bahana TCW

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reksa dana campuran.

Namun, selain jenis di atas, ada jenis reksa dana lain yang bisa dijadikan alternatif investasi salah satunya adalah reksa dana jenis indeks dan Exchange Traded Fund (ETF). Reksadana indeks ini dikelola untuk mendapatkan hasil investasi yang mirip dengan suatu indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham. Reksa dana ini adalah salah satu jenis reksa dana yangkinerjanya mengacu pada indeks tertentu dan diperdagangkan di bursa seperti saham, sehinggainvestor dapat memantau pergerakan dan kinerjanya.

Direktur PT Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW), Danica Adhitama yang mengatakan, Reksa dana indeks diprediksi positif tahun ini. Potensi penurunan suku bunga The Fed yang akan dimulai pada semester kedua tahun ini menjadi salah satu sentimen positifnya. Kejelasan arah kebijakan moneter The Fed ini akan mengurangi ketidakpastian global dan mengurangi tekanan pada perekonomian Indonesia.

Sementara dari sisi dalam negeri sentimen positif datang dari kepercayaan investor yang meningkat paska Pemilu yang berjalan lancar dan aman. Kedua sentimen ini akan membawa dampak positif kepada pasar modal dalam negeri termasuk secara tidak langsung terhadapproduk-produk reksa dana indeks.

“Di Bahana TCW kami memiliki produk reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) unggulan yaitu Bahana ETF Bisnis 27. Reksa dana ETF ini mengacu pada indeks Bisnis-27, indeks yang terdiri dari 27 anggotakonstituen dan mewakili seluruh sektor di pasar modal Indonesia. Dengan demikian, dengan berinvestasi di indeks ini, maka investor secara otomatis telah melakukan diversifikasi portofolionyakarena berinvestasi di beberapa sektor saham sekaligus,” ujar Danica.

Dari sisi kinerja, Bahana ETF Bisnis 27 mengalokasikan investasi pada sektor-sektor unggulan seperti Perbankan, telekomunikasi, Perusahaan Holding, ritel dan minyak, gas dan batu bara. Sementara dari sisi return, produk ini telah berhasil mencetak return sebesar 5,51 persen secara year to date dan mencetak return sebesar 32,91 persen sejak pertama diluncurkan pada September 2019 yang lalu.

Berkat kinerjanya ini, akhir Maret 2024 lalu, Bahana ETF Bisnis 27 diganjar penghargaan sebagai BestETF Indeks dalam acara Best Mutual Funds Award 2024 yang diselenggarakan oleh Investortrust.id danInfovesta Utama.

“Kami optimistis pada tahun 2024 ini kinerja masih akan bertumbuh positif, akan naik dibandingkan tahun sebelumnya. Apalagi reksa dana berbasis ETF dapat menjadi pilhan masyarakat karena selain

menawarkan return yang positif juga memiliki sifat yang fleksibel untuk diperdagangkan karena dapat dibeli dan dijual kapanpun selama jam perdagangan bursa. Terpenting lagi, di reksa dana indeks secaraotomatis kita mendiversifikasi investasi untuk meminimalisir risiko karena secara otomatis kitamenginvestasikan dana ke berbagai saham unggulan di berbagai sektor,” tutup Danica.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pedagang sayur mayur nasabah Jak One Merchant Bank DKI tengah menjajakan dagangannya yang transaksinya di Pasar Jati Rawasari, Jakarta Pusat (30/04). Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM Bank DKI naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi Rp5,2 triliun Per Maret 2024.

Senin, 29 April 2024 - 23:53 WIB

Q1 2024, Kredit UMKM Bank DKI Tumbuh 39,18%

Jakarta - Bank DKI terus fokus tingkatkan portofolio UMKM sesuai dengan visi dan misi bank. Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi…

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.