PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.
PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri ritel di Indonesia menghadapi tantangan yang signifikan selama bulan Ramadan, dengan perubahan pola konsumsi dan kendala operasional yang berdampak pada kinerja bisnis.

Di tengah perlambatan ekonomi global yang terkait dengan inflasi, penting bagi perusahaan ritel untuk memperkuat fondasi mereka melalui transformasi digital guna meningkatkan efisiensi bisnis dan mengatasi tantangan yang dihadapi. Data Kementerian Perdagangan mengenai kinerja perdagangan 2023 memberikan optimisme untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi sebesar 5,20 persen di 2024.

Menanggapi tantangan ini, PointStar, perusahaan penyedia solusi berbasis cloud terkemuka di Asia menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi, mulai dari manajemen sumber daya manusia, manufaktur, keuangan, hingga rantai pasokan. 

Ditemui di acara yang diselenggarakan oleh PointStar bertajuk “Iftar Insights: Memahami Kesinambungan Bisnis Ritel & Tantangan Operasional Selama Ramadhan”, Justin Lee, CEO PointStar mengatakan, "Di tengah ketidakpastian ekonomi global yang diwarnai oleh inflasi, transformasi digital menjadi kunci untuk memitigasi dampak negatifnya terhadap industri ritel. Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan ini."

Hal ini sejalan dengan hasil Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024, bahwa perlu adanya transformasi struktural dengan menguatkan pasar dalam negeri salah satunya lewat transformasi digital untuk penguatan rantai pasok dan logistik nasional.

“Adanya situasi geopolitik mengakibatkan negara-negara bertindak protektif, meningkatkan fragmentasi ekonomi, serta munculnya konfigurasi ulang rantai pasok. Perlu adanya dorongan serta kolaborasi dan sinergi para pemangku kepentingan, seperti pemerintah, komunitas, hingga perusahaan seperti PointStar yang mendukung transformasi digital”, jelas Septo Soepriyatno, S.T., M.S.E., selaku Direktur Bina Usaha Perdagangan, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang juga hadir meresmikan acara PointStar.

PointStar terus memberikan pengalaman dan pengetahuannya kepada pemilik bisnis, terutama para pengusaha ritel, dalam memulai perjalanan transformasi digital. Mereka membantu banyak bisnis bertransformasi secara digital melalui solusi berbasis cloud seperti ERP, otomatisasi proses, Big Data, produktivitas kantor, Business Intelligence, serta mengembangkan kemampuan AI-nya sendiri, melalui kemitraan dengan solusi-solusi terkemuka.

Justin Lee menambahkan, “Skalabilitas dan fleksibilitas dari keseluruhan solusi digital berbasis cloud dari PointStar juga menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga dapat berkembang seiring pertumbuhan bisnis. Data dapat mengalir dengan lancar antar departemen dan fungsi bisnis yang berbeda sehingga meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan efisiensi bisnis, serta memungkinkan perusahaan untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang berubah dengan cepat.”

Selama acara berlangsung, para pembicara ahli membagikan insight tentang bagaimana bisnis bisa memanfaatkan teknologi untuk tetap unggul. Google Cloud Platform (GCP) muncul sebagai salah satu solusi utama yang dibahas. GCP menyediakan solusi analitik data seperti BigQuery, yang memungkinkan perusahaan ritel untuk mengolah dan menganalisis volume data yang besar dengan cepat. Solusi ini dapat membantu pelaku usaha ritel memahami perilaku pembelian pelanggan, preferensi, dan tren pasar secara real-time sehingga memungkinkan pemilik bisnis mengambil keputusan yang efektif dan efisien.

Acara pun kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan networking. Penyelenggaraan acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi para stakeholder untuk bertukar pikiran dan strategi, tetapi juga menandai langkah maju bagi PointStar dalam mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,2% di 2024. Kedepannya, PointStar akan terus berupaya menjadi pionir dalam transformasi digital, mendukung para pelaku bisnis agar dapat meraih kesuksesan dan mengatasi tantangan masa depan dengan lebih efektif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…