LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023, Mandiri Dan Tumbuh Bersama Ekosistem Kebaikan

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 26 Maret 2023 - 01:24 WIB

LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023.
LAZNAS Mandiri Amal Insani Gelar Public Exposse 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Public Expose LAZNAS Mandiri Amal Insani 2023 diselenggarakan secara langsung di Assembly Hall lantai 9 - Gedung Menara Mandiri Jakarta dengan tema “Mandiri dan Tumbuh bersama Ekosistem Kebaikan”.

LAZNAS Mandiri Amal Insani (MAI) sebagai lembaga philanthropy melakukan banyak upaya dengan menghadirkan program-program unggulan yang kreatif dan inovatif.

Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai elemen yang merangkul dan bersinergi menyebarkan manfaat dalam jangkauan yang lebih luas untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik.

LAZNAS Mandiri Amal Insani mengajak, merangkul, dan bersinergi dengan semua elemen untuk berkontribusi dalam pengentasan kemiskinan dan menjadi solusi bagi permasalahan sosial di seluruh penjuru negeri.

Dalam acara tersebut, Ketua MAI Foundation, Tedi Nurhikmat, menyampaikan bahwa sebagai LAZNAS, MAI foundation memiliki beberapa kewajiban.

"Salah satunya adalah sistem akuntansi berbasis syariah dan penerapan GCG secara menyeluruh. Hal ini dilakukan sebagai persiapan MAI untuk menghadapi tantangan di masa depan," kata Tedi.

Memasuki tahun ke-9, MAI Foundation telah mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai lembaga yang secara professional mampu menyelesaikan masalah sosial. Hal ini berdasarkan indicator CAGR yang menunjukkan angka peningkatan penghimpunan tahunan yakni sebesar 12% selama tahun 2021-2022 sehingga angka pertumbuhannya menjadi 82%.

Ini tentu merupakan bagian dari pencapaian atas program-program unggulan yang dicangangkan oleh Mandiri Amal Insani. Adapun program tersebut diantaranya Program Sedekah Bonus, Ramadhan Bareng MAI, Khitan Massal, Tanggap Bencana, dan Event Muharram (Bahagiakan Yatim).

Selain penghimpunan yang mengalami peningkatan, tahun 2022 pendistribusian dan pendayagunaan LAZNAS Mandiri Amal Insani juga mengalami peningkatan sebesar 66%. Tercatat jumlah penerima manfaat melalui program yang dijalankan mencapai 222.854 jiwa.

Dalam acara Public Expose 2023, Mandiri Amal Insani melakukan penghimpunan dana ZISWAF dengan melebarkan sayap kolaborasi bersama ekosistem kebaikan Mandiri Grup baik Bank Mandiri sebagai induk, anak perusahaan dan customer terutama nasabah prioritas.

Agus Dwi Handaya, Direktur SDM dan Kepatuhan PT Bank Mandiri Persero Tbk. yang juga merupakan Pembina MAI Foundation dan Penasehat UPZ Bank Mandiri, mengungkapkan bahwa tata kelola ZISWAF yang baik dan efektif harus didasarkan pada prinsip pertanggungjawaban dan transparansi dalam pengumpulan, penyaluran, dan pengelolaan dana umat.

Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dan keamanan di antara umat, serta memastikan ketaatan pada regulasi dan ketentuan dalam tata kelola ZISWAF yang diatur oleh pemerintah.

Selain itu, dalam Public Expose 2023, LAZNAS Mandiri Amal Insani juga merilis Sustainability Report (SR) Tahun 2022 dan melakukan serah terima laporan tersebut kepada pemangku kepentingan yang diterima oleh Kepala Subdirektorat Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat, Muhibbudin, S.fil.I., ME serta kepada Rizaludin Kurniawan S.Ag, M.Si selaku Pimpinan BAZNAS bidang pengumpulan yang dilakukan oleh Erwin Setiawan selaku Direktur MAI Foundation.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…