Dirjen Vokasi Resmikan Sarana Teaching Facftory SMK Dukungan Metropolitan Land

Oleh : Wiyanto | Minggu, 19 Februari 2023 - 19:13 WIB

Kiki Yuliati di damping Direktur SMK Kemdikbudristek RI, Kepala SMK Metland dan Wakil Direktur Divisi Hotel PT. Metropiltand Land meresmikan penggunaan sarana Teaching Factory Program Keahlian Perhotelan.
Kiki Yuliati di damping Direktur SMK Kemdikbudristek RI, Kepala SMK Metland dan Wakil Direktur Divisi Hotel PT. Metropiltand Land meresmikan penggunaan sarana Teaching Factory Program Keahlian Perhotelan.

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Bertempat di SMK Metland di kawasan Perumahan Metland Transyogi, Kiki Yuliati di damping Direktur SMK Kemdikbudristek RI, Kepala SMK Metland dan Wakil Direktur Divisi Hotel PT. Metropiltand Land meresmikan penggunaan sarana Teaching Factory Program Keahlian Perhotelan.

Darmawan Sunarja Kepala Sekolah menejelaskan bahwa terlengkapinya sarana teaching factory, merupakan hasil dukungan dari PT. Metropolitan Land, Tbk bersama Pemerintah melalui program SMK Pusat Keunggulan skema pemadanan bidang hospitality tahun 2022. Saat ini seluruh sarana pembelajaran untuk Prpogram Keahlian Hotel di SMK Metland sudah sangat lengkap terpenuhi. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Vokasi dan PT. Metropolitan Land, Tbk.

Dalam keterangannya Purwantono yang ditunjuk sebagai penanggung jawab PT. Metropolitan land untuk mendampingi SMK Metland pada program SMK PK skema pemadanan menjelaskan, disamping menggelontorkan sejumlah dana untuk renovasi pada sarana bangunan yang di jadikan sarana pembelajaran dan pelatihan, pihak perusahaan juga terlibat dalam proses penyusunan kurikulum berbasis industry, implementasi SOP sesuai industri Hotel, pemilihan dan penetapan vendor, penugasan dan penempatan professional selevel manager untuk menjadi pendamping para guru dalam pembelajaran berbasis project.

Harapan kami bahwa para lulusan memiliki kompetensi yang sama dengan tuntutan industry hospitality global, bukan hanya jagoan di tingkat local.

Dalam keterangan terpisah Direktur PT. Metropolitan Land, Tbk, Wahyu Sulistio menegaskan bahwa pihak perusahaan berkomitmen memberikan dukungan secara penuh baik matreriil maupun non materiil kepada pihak SMK Metland agar menghasilkan alumni-alumni yang mampu bersaing di dunia International, selain itu kami juga berkomitmen untuk menyerap para lulusan terbaik SMK Metland menjadi bagian dari pertumbuhan dan berkembangnya perusahaan ke depan.

Dalam 4 tahun terakhir beberapa siswa PKL dan magang yang bekerja di Perusahaan kami, kami cukup puas dengan kinerja yang ditunjukkannya. Kiki Yuliati menyampaikan adalam arahannya pada saat berkunjung, SMK Pusat Keunggulan harus memiliki daya sanding agar dilirik oleh perusahaan, sehingga pihak industri pun merasakan manfaat dari hasil kerja sama dengan SMK yang dipilihnya. Dirjen Vokasi melihat secara langsung sarana yang ada dn aktivitas belajar siswa di ruang praktik serta mencoba hasil karya produk siswa dari Tefa SMK Metland. Kiki berharap akan semakin banyak SMK-SMK bidang hospitality yang bisa menunjukkan kinerjanya sehingga perusahaan-perusahaan merasakan manfaatnya dari kerja sama.

Dirjen Vokasi sangat terbuka untuk menerima masukan, idea dan gagasan yang bertujuan untuk membangun pendidikan vokasi di Indonesia menjadi semakin kuat. Silahkan pihak industry, pihak perguruan tinggi vokasi dan juga SMK-SMK dan para pemerhati pendidikan untuk bersinergi dan berkolaborasi membangun kualitas pendidikan vokasi, agar hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, sehingga masyarakat diwilayah terdekat menjadi sejahtera dan ekonomi bertumbuih. Kiki Yuliati menambahkan bahwa pendidikan yang berkualitas hanya bisa di capai bilamana ekinominya bertumbuh, dan ekonomi akan bertumbuh bila pendidikan masyarkatnya baik.

Direktur SMK, Wardani Sugiyanto dalan keterangannya mengatakan bahwa program SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan tahun 2022 boleh dinyatakan berhasil, karena banyaknya partisipasi dari industry yang terlibat dalam program ini, 349 industri terlibat dengan nilai investasi sekitar 439,25 Milyar pada 373 SMK di seluruh Indonesia. Pengembangan dan Peningkatan kualitas SMK yang kuat dan berkualitas memang perlu adanya keterlibatan industry sebagai user alumni SMK. Program ini akan terus dilanjutkan dan dikembangkan dengan lebih baik lagi di tahun 2023, dengan melibatkan induistri besar dan juga UMKM.

Hadir dan terlibat dalam diskusi bersama Dirjen Vokasi pada kesempatan kunjungan peresmian sarana Teaching Factory di SMK Metland, Ketua asosiasi IHGMA Braja Eka Sukma, direktur Politeknik Jakarta International, Wakil Rektor 1 Universitas Podomoro, dan Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat serta Kepala Sekolah di wilayah Cileungsi Bogor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…