Wamentan Sebut Program Gratieks Dukung Percepatan Pembangunan Pertanian Sulbar

Oleh : Wiyanto | Senin, 30 Januari 2023 - 22:18 WIB

Wamentan bersama Badan Karantina
Wamentan bersama Badan Karantina

INDUSTRY.co.id- Mamuju - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi meresmikan pembangunan renovasi Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju.

Wamentan menuturkan peresmian ini merupakan komitmen Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memberikan pelayanan kekarantinaan pertanian yang prima usai gempa di Sulbar pada tahun 2021 lalu.

"Peresmian ini sebagai bentuk wujud komitmen Kementerian Pertanian dalam memberikan pelayanan prima telah mengupayakan rehab Gedung kantor baru Karantina Pertanian Sulawesi Barat pasca gempa tahun 2021," katanya di Mamuju, Senin (30/1/2023).

Usai meresmikan, Wamentan Harvick turut membuka Rapat Koordinasi Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Komoditas Pertanian Sulbar. Ia mengatakan peran Strategis Kementan dalam mendukung percepatan pembangunan Pertanian di Sulawesi Barat (Sulbar) salah satunya dengan Program Gratieks.

Menurut Wamentan, Gratieks merupakan program unggulan Kementan kepada seluruh pemangku kepentingan (Stakeholder) agribisnis untuk melakukan gerakan bersama meningkatkan ekspor pertanian tiga kali lipat demi menopang perekonomian.

"Capaian ekspor komoditas pertanian Sulawesi Barat tahun 2022 sebesar Rp 5,61 Triliun, sedikit menurun 21,4 % dibanding tahun 2021 yang mencapai Rp 7,1 Triliun. Hal ini dikarenakan adanya wabah pandemi Covid-19 serta kebijakan sementara pemerintah yang melarang ekspor CPO," ujar mantan Komisaris Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sulbar ini.

Wamentan menambahkan, Rapat Koordinasi ini guna mengevaluasi capaian pelaksanaan program dimaksud dan berharap dapat bersama-sama membangun pertanian Sulawesi Barat.

Tentu saja diperlukan sinergitas dan koordinasi serta selaras Pemerintah daerah dengan pemerintah pusat agar Program GRATIEKS ini lancar, sukses dan berhasil serta mampu mewujudkan Pertanian yang Mandiri, Maju dan Modern demi sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Sulawesi Barat.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak jajaran pemerintah (stakeholder) di Sulawesi Barat, pelaku usaha dan petani/peternak untuk aktif dan partisipatif pada kegiatan ini agar kita mampu mencapai target kita bersama," tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik mengungkapkan bahwa daerahnya memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Tak hanya itu, ia menyebut jika Sulbar turut berkontribusi terhadap beras nasional yang selalu surplus.

Meski demikian, ia mengaku infrastruktur di daerahnya belum memadai untuk mendorong pemasaran hasil pertanian. Ia berharap Sulawesi Barat dapat dibangun pelabuhan yang dapat mengirim sejumlah komoditas pertanian ke wilayah Jawa.

"Sulbar ini memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Namun dukungan infrastrukturnya masih biasa-biasa saja. Kami berharap ke depan Sulbar memiliki pelabuhan yang dapat menghubungkan perdagangan ke wilayah Jawa dan sekitarnya," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…