Allianz Indonesia Bayarkan Rp5 Triliun Klaim Jiwa dan Kesehatan di Tahun 2024
INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) telah membayarkan klaim sebesar Rp5 triliun di tahun 2024, untuk lebih dari 390.000 klaim asuransi jiwa dan kesehatan.
Sebagai bagian dari komitmen untuk mengedukasi masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan jiwa dan kesehatan, serta upaya perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, Allianz Indonesia mengungkapkan lima penyebab klam meninggal dunia dan kondisi penyakit kritis yang paling banyak diajukan pada tahun 2024.
Adapun 5 penyebab klaim meninggal dunia tertinggi menurut Allianz Indonesia yaitu Kanker, Stroke, Pneumonia, Serangan Jantung, dan Kecelakaan lalu lintas. Selain itu, 5 kondisi penyakit kritis yang paling banyak diklaim oleh nasabah adalah Kanker, Stroke, Serangan Jantung Pertama, Penyakit Jantung Koroner, dan Angioplasti dan penatalaksanaan invasif lainnya untuk Penyakit Jantung Koroner.
“Allianz Indonesia berkomitmen untuk melindungi masa depan nasabah dengan memberikan perlindungan yang sesuai dengan ketentuan polis. Klaim yang dibayarkan adalah bukti nyata dari komitmen kami dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh nasabah. Dengan mengutamakan transparansi, integritas, dan pelayanan yang profesional, kami berupaya agar setiap nasabah mendapatkan haknya dengan tepat,” kata Brandon Heng, Chief Technical Officer Allianz Life Indonesia.
Brandon menjelaskan bahwa Allianz Indonesia secara konsisten melakukan edukasi kepada nasabah dan masyarakat luas mengenai pentingnya pemahaman menyeluruh terhadap produk asuransi yang dipilih, agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Selain itu, Allianz Indonesia juga menghimbau nasabah untuk mengisi Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) dengan jujur dan transparan sebelum membeli polis, agar perlindungan yang diperoleh benar-benar tepat dan sesuai dengan kondisi nasabah.
"Kami juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memperoleh perlindungan asuransi kesehatan sesuai dengan perjanjian polis, termasuk akses perawatan di berbagai rumah sakit yang terdaftar dalam jaringan Blue Eagle Network Allianz di seluruh Indonesia," lanjut Brandon.
Menurutnya, proses pengajuan klaim kesehatan pun dapat dilakukan dengan praktis melalui platform digital Allianz eAZy Connect. Dalam menjalankan operasionalnya, Allianz Indonesia selalu menjunjung tinggi etika bisnis dan nilai-nilai integritas, serta berkomitmen mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan regulator terkait lainnya, demi memastikan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi seluruh nasabah.