HOKI Bukukan Penjualan Rp365 Miliar di Kuartal I 2025
INDUSTRY.co.id - Jakarta – Produsen beras merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, PT Buyung Poetra Sembada, Tbk., (HOKI) mencatat penjualan bersih sebesar Rp365,3 miliar pada kuartal I 2025, tumbuh 56,3% secara QoQ dibandingkan kuartal sebelumnya, meskipun masih turun 27,0% secara YoY akibat tingginya penjualan beras pada Kuartal I 2024 lalu, yang terutama didorong oleh ketersediaan stok yang lebih rendah.
Perbaikan kinerja antarkuartal ini terutama ditopang oleh pemulihan bisnis inti, yakni penjualan beras melalui PT Buyung Poetra Sembada (BPS) dan beras sehat alternatif melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN).
Penjualan produk-produk beras sehat Dailymeal & Hokairi (Japonica) Rice pada Kuartal I 2025 mencapai pertumbuhan hingga 321% YoY. Penerimaan masyarakat yang semakin luas ini selaras dengan berbagai keunggulan yang ada pada produk-produk beras sehat Dailymeal seperti Nasi Jagung, Nasi Singkong, dan Beras Merah, yaitu indeks glikemik rendah, kaya serat, dan cocok untuk diet sehat.
Segmen penjualan beras melalui BPS dan HDN mencatatkan penjualan sebesar Rp391,4 miliar dengan kontribusi laba bersih sebesar Rp2,2 miliar pada Kuartal I 2025. Selain itu, bisnis HOKI lainnya, yaitu segmen penyewaan pembangkit listrik menyumbang tambahan laba bersih Rp1,8 miliar. Capaian ini menegaskan bahwa operasi inti HOKI tetap sehat dan menghasilkan keuntungan.
Sebagai bagian dari upaya transformasi jangka panjang menuju bisnis fast-moving consumer goods (FMCG), HOKI terus berinvestasi dalam inisiatif strategis. Salah satunya adalah pembangunan pabrik beras sehat Dailymeal di Jawa Tengah melalui anak usaha HDN, PT Koki Sehat Sejahtera (KSS) yang ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada pertengahan 2025.
Manajemen tetap optimistis bahwa langkah strategis ini, termasuk diversifikasi produk dan ekspansi operasional, akan memperkuat posisi pasar serta kinerja keuangan HOKI di kuartal-kuartal mendatang.
"Tahun ini Perseroan akan terus mendorong kinerja melalui perbaikan margin dari produk-produk bernilai tambah lebih, diversifikasi produk, serta penambahan channel-channel distribusi yang baru yang akan membuat produk kami semakin mudah dijangkau di seluruh Indonesia. Seiring dengan upaya peningkatan brand awareness, khususnya untuk lini produk beras sehat, penambahan channel-channel distribusi ini diharapkan dapat memperkuat penetrasi pasar secara lebih efektif," kata Direktur HOKI, Budiman Susilo.
Perseroan akan terus melanjutkan strategi mengembangkan produk beras sehat dan praktis melalui merek Dailymeal (seperti Nasi Jagung, Nasi Singkong, dan Beras Merah) serta Hokairi Rice yang didistribusikan oleh HDN. Diharapkan, inovasi produk yang didukung oleh tim riset dan pengembangan (R&D) Perseroan yang solid akan bisa menjadi pendorong pertumbuhan HOKI tahun ini.
“Awal 2025 ini, kami telah meluncurkan Porang Cassava dengan harga kompetitif dan sesuai dengan gaya hidup sehat. Ke depan, kami akan terus mengembangkan produk beras sehat lainnya sebagai fokus utama,“ imbuh Budiman.