Gandeng Prestasi Juior Indonesia, Starbucks Kembali Gelar Creative Youth Entrepreneurship Program

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 April 2025 - 19:03 WIB
Gandeng Prestasi Juior Indonesia, Starbucks Kembali Gelar Creative Youth Entrepreneurship Program

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Starbucks telah menetapkan bulan April sebagai perayaan Bulan Kebaikan Global atau Global Month of Good setiap tahunnya. Dan untuk merayakannya, Starbucks di Indonesia kembali menyelenggarakan Regional Student Company Competition (RSCC) yang merupakan acara puncak dari rangkaian Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP).

“Bulan Kebaikan Global adalah salah satu cara untuk mewujudkan misi kami: Menginspirasi dan memelihara semangat kemanusaiaan – satu orang, satu cangkir, dan satu lingkungan pada satu waktu. Partner (sebutan untuk karyawan) kami adalah para pemimpin komunitas lokal yang menjalankan misi ini dengan berkontribusi positif bagi ribuan komunitas di seluruh dunia,” ungkap Avolina Raharjanti, Senior General Manager, Corporate Public Relation PT. Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi jenama Starbucks di Indonesia. 

“Di kegiatan SCYEP yang didukung oleh Starbucks Foundation ini, 150 partner terlibat sebagai sukarelawan untuk memberikan pendampingan terhadap siswa-siswi dalam merintis dan mengembangkan perusahaan siswa atau student company. Terhitung sejak program ini diluncurkan pada bulan September 2024, partner kami telah berkontribusi 700 jam dalam memberikan pendampingan kepada siswa-siswa ini,” tambahnya.

Bermitra dengan organisasai nirlaba Prestasi Juior Indonesia (PJI), SCYEP memiliki tujuan untuk memberdayakan siswa sekolah menengah dalam menjawab kebutuhan atau tantangan masyarakat, sambil mengajarkan mereka keterampilan praktis dalam memulai dan mengelola bisnis, mengelola keuangan, mengembangkan produk atau layanan, hingga memasarkan usaha mereka. 

Pada tahun ini, program ini melibatkan 275 siswa-siswi dari 10 SMA/sederajat di 9 kota di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Jayapura. Sebagai puncak kegiatan SCYEP diselenggarakanlah kompetisi regional antar Perusahaan Siswa, atau Regional Student Company Competition, yang tahun ini mengambil tempat di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta. Dua tim terbaik akan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya, termasuk ide produk, strategi pemasaran, keuangan, dan potensi pengembangan.

“Kami percaya bahwa semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda harus ditumbuhkan melalui pembelajaran langsung dan pengalaman nyata. Melalui kolaborasi dengan The Starbucks Foundation dan Starbucks Indonesia, program ini menjadi ruang bagi para siswa untuk menggali potensi, membangun kreativitas, dan mengasah keterampilan bisnis yang relevan dengan dunia kerja masa depan. Kami bangga melihat transformasi para peserta menjadi pengusaha muda yang percaya diri, inovatif, dan siap memberikan kontribusi positif bagi komunitas mereka.” kata Pribadi Setiyanto, Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia.

Selain merayakan Bulan Kebaikan Global yang ke-15 melalui SCYEP, Starbucks di Indonesia juga kembali berkolaborasi dengan Green Rebel Food meluncurkan makanan berbahan dasar nabati atau plant-based food. Inti dari nilai-nilai yang dijalankan Starbucks terletak pada misinya untuk menginspirasi dan memelihara semangat manusia – satu orang, satu cangkir, dan satu lingkungan pada satu waktu. 

Sejak 2011, partner (karyawan) Starbucks Indonesia telah merayakan komitmen untuk meningkatkan kehidupan lingkungan sekitar setiap bulan April dengan fokus mendedikasikan waktu melayani masyarakat selama sebulan penuh. Di Indonesia sendiri, Starbucks telah membangun 17 lokasi AquaTower dari Deli Serdang Sumatra Utara hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk memberikan akses air bersih kepada masyarakat. 

Starbucks Indonesia juga telah menjalani proyek WASH (untuk sanitasi & akses pada air bersih) untuk meningkatkan kesejahteraan, status kesehatan, dan ketahanan komunitas lokal di Jawa Barat. Bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, partner Starbucks Indonesia telah membangun dua rumah baru serta 29 toilet yang berfungsi baik.

Dan sejak akhir tahun 2022, Starbucks Indonesia memulai program Starbucks Books For the Future (Starbucks BFF) dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 buku untuk disumbangkan ke Yayasan ISCO (Indonesia Street Children Organization), Yayasan Sahabat Anak dan SOS Children’s Village di 6 kota. Dengan memenuhi kebutuhan yang paling penting bagi komunitas mereka sendiri, partner dapat membuat dampak nyata pada kehidupan orang-orang di sekitar mereka.

Sejak tahun 2018, Starbucks Indonesia telah meluncurkan sebuah inisiatif yang dinamakan Greener Nusantara yang bertujuan untuk pengurangan sampah plastik, di mana Starbucks Indonesia menggunakan material-material 'hijau' yang berdampak positif untuk lingkungan seperti penggunaan gelas daur ulang berbahan recycled poly-ethylene terephthalate (rPET), penggunaan sedotan berbahan kertas yang mudah terurai, serta terus bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan menghimbau pelanggan untuk menggunakan cangkir yang dapat digunakan kembali (reusable cups).