ACES Mencatat Kenaikan Laba Sebesar Rp892 Miliar di Tahun 2024
INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES) yang sebelumnya bernama PT ACE Hardware Indonesia Tbk, mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada tahun 2024, ditandai dengan pertumbuhan laba bersih dan pendapatan yang signifikan.
Keberhasilan ini mencerminkan 30 tahun pengalaman perusahaan di industri ritel Tanah Air yang didukung dengan efektivitas strategi ekspansi dan inovasi, sehingga tidak hanya mendorong pertumbuhan bisnis tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dengan fondasi yang kuat, Perusahaan optimis untuk terus bertumbuh di tahun 2025, seiring dengan peluncuran AZKO sebagai langkah transformasi bisnis yang berkelanjutan.
Pada tahun 2024, Perusahaan mencatat kenaikan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp892 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar Rp770 miliar atau tumbuh 15,8%.
Sementara itu, penjualan bersih tercatat tumbuh sebesar 12,6% menjadi Rp8,58 triliun, didukung dengan meningkatnya permintaan produk, strategi branding dan pemasaran yang agresif, serta optimalisasi layanan omnichannel sebagai the future of retail.
Perusahaan juga kerap mengembangkan dan memperkuat portofolio produk melalui 52 home brands yang tersedia di toko AZKO seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya yang telah dikenal dekat oleh konsumen Indonesia.
Hingga akhir bulan Desember 2024, Perusahaan mencatatkan Same Store Sales Growth (SSSG) tahunan sebesar 8,8%, melampaui panduan sebelumnya sebesar 8% dan lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 8,1%.
Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan penjualan di luar Pulau Jawa yang mencatatkan SSSG sebesar 11,1%, sementara wilayah Jawa (di luar Jakarta) tumbuh 8,6%, dan Jakarta sendiri mencatat pertumbuhan 5,0%.
Menerapkan langkah ekspansi layanan di tahun 2024, Perusahaan berhasil membuka sejumlah toko baru, termasuk diantaranya dengan menjangkau delapan wilayah baru, yakni Banyuwangi, Garut, Banda Aceh, Tanjungpinang, Ternate, Palopo, Parepare, dan Bitung.
“Capaian positif ini mencerminkan performa perusahaan yang solid seiring dengan langkah strategis yang kami lakukan dengan meluncurkan AZKO di awal tahun 2025," kata Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja
"Ke depan, kami akan terus memperkuat ekosistem ritel yang terintegrasi dan memperluas jangkauan ke lebih banyak wilayah di Indonesia, baik secara fisik maupun omnichannel. Kami optimis tahun ini akan menjadi momentum pertumbuhan yang lebih besar, menciptakan peluang baru, mendorong inovasi yang lebih luas, dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.” ujarnya.
Melanjutkan strategi ekspansi yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru di seluruh Indonesia, Perusahaan telah membuka empat toko AZKO di kuartal satu tahun 2025, termasuk melebarkan sayap hingga ke kawasan paling timur di Indonesia, Papua.
Dengan langkah strategis ini, Perusahaan kini mengoperasikan lebih dari 240 toko AZKO di lebih dari 70 kota di seluruh Indonesia, menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi inovatif dan inspiratif bagi pelanggan.