Tegaskan Komitmen Keberlanjutan, Peringkat ESG Telkom Meningkat

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 22 Maret 2025 - 07:31 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan ( Environmental, Social, Governance /ESG) dengan mencatat berbagai hal penting di tahun 2024. Untuk pertama kalinya dalam penilaian CDP ( Carbon Disclosure Project ), Telkom berhasil mencapai skor B untuk kinerjanya, transparansi yang semakin kuat dalam upaya mitigasi perubahan.

Selain itu, Telkom mencatat peningkatan peringkat ESG dari Sustainalytics dengan skor risiko ESG membaik menjadi 25,6 ( Medium Risk ). Keberhasilan ini semakin diperkuat dengan perolehan skor 91,23 dari BPKP yang menempatkan Telkom pada kategori “sangat baik” dalam pengelolaan keabadian.

Pada aspek Tata kelola, Telkom memperoleh skor ACGS (ASEAN Corporate Governance Scorecard ) 103,31 yang dikeluarkan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) dengan kategori “Leadership in Corporate Governance”. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Telkom telah menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dalam menjalankan bisnisnya.

SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Ahmad Reza mengatakan, “Telkom terus berupaya mengintegrasikan prinsip penjelajahan ke dalam operasional bisnis perusahaan, sejalan dengan visi perusahaan untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan serta.

Peningkatan peringkat ESG ini merupakan bukti nyata upaya Telkom dalam memperkuat tindakan permusuhan di seluruh lini bisnisnya dengan memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan.

Komitmen Lingkungan: Efisiensi dan Pengurangan Limbah

A. Audit eksternal emisi gas rumah kaca sebagai langkah transparansi dan akuntabilitas lingkungan.

B. 6.387 ton pengurangan jumlah limbah kantor total dari tahun 2023.

C. 80% limbah kabel fiber optic dialihkan dari pembuangan akhir.

Dampak Sosial: Digitalisasi dan Pemberdayaan

A. Investasi Rp144,8 miliar dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

B. Mewujudkan inklusivitas digital dengan jaringan yang menjangkau 98% populasi di Indonesia.

C. termasuk skor NPS 58 (kategori unggulan ) untuk TelkomGroup dengan kenaikan +2 poin dibandingkan tahun 2023.

Tata Kelola Perusahaan: Kepemimpinan dalam Tata Kelola

A. 100% mematuhi regulasi, tanpa kasus besar yang terbukti.

B. Sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Penyuapan untuk Telkom dan 13 anak usaha.

C. 0 kejadian bocornya data yang kritis, menegaskan keamanan informasi sebagai prioritas utama.

VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto Ciptaning Andri menambahkan, ”Pencapaian ini meningkatkan semangat dan konsistensi Telkom dalam meningkatkan kinerja ekosistem, tidak hanya pada peningkatan angka rating , tetapi lebih dari itu adalah peningkatan kualitas pengelolaan perusahaan yang berdampak pada seluruh aspek penyelesaian. Telkom perlu terus melakukan mitigasi berbagai dan tantangan global yang berpotensi mengganggu operasi bisnis dan layanan TelkomGroup, di antaranya risiko keamanan siber, cuaca ekstrem dan perubahan akibat perubahan, serta kualitas sumber daya manusia yang sejalan dengan transformasi digital perusahaan.”

Seluruh pencapaian ini menjadi landasan bagi Telkom dalam mengakselerasi agenda berkelanjutan yang sejalan dengan visi perusahaan untuk terus memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan. Untuk informasi lebih lengkap, Telkom akan merilis Laporan Keberlanjutan 2025 pada Mei mendatang.