PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-10 Digelar, Pengembang Township Raih Sukses Besar

Oleh : Nina Karlita | Senin, 26 Agustus 2024 - 20:09 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PropertyGuru Group baru saja mengumumkan para pemenang dari PropertyGuru Indonesia Property Awards yang ke-10, acara tahunan bergengsi yang mengapresiasi pencapaian luar biasa dalam desain dan pengembangan properti di Indonesia. 

Acara yang dipersembahkan oleh Kohler ini berlangsung di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, dan dihadiri oleh sekitar 50 perusahaan properti ternama dari Jabodetabek hingga Bali.

Sinar Mas Land kembali meraih predikat sebagai Pengembang Terbaik untuk tahun kedua berturut-turut, berkat keberhasilan proyek-proyek seperti Biomedical Campus dan Tresor. Selain itu, BSD City yang dikembangkan oleh perusahaan ini dianugerahi sebagai Best Mega Township Development. 

Kerja sama Sinar Mas Land dengan berbagai mitra seperti Hongkong Land (Navapark), Mitbana (Welton di Hiera BSD), dan Sojitz Corporation [Greenland International Industrial Center (GIIC) di Kota Deltamas] juga mendapatkan penghargaan dalam beberapa kategori.

Paramount Land juga memperoleh pengakuan sebagai Best Township Developer serta Best Township Masterplan Design untuk proyek Paramount Petals. Proyek-proyek lain dari perusahaan ini, seperti Hampton Square @ Manhattan District, Matera Residences, dan Pasadena Grand Residences, turut memenangkan beberapa penghargaan.

Farpoint dianugerahi gelar Best Sustainable Developer, sementara PT Adhi Commuter Properti Tbk meraih predikat Best TOD Developer. Tahun ini juga ada penghargaan baru, yaitu Social Impact Award, yang diberikan kepada PT Integrasi Transit Jakarta atas kontribusinya dalam proyek Aspen Peak bersama Harmas Land.

Jakarta Garden City dari PT Modernland Realty Tbk berhasil meraih penghargaan Best Township Development (Jakarta), sementara CitraLand Gama City Medan dari Ciputra Group mendapatkan penghargaan serupa untuk kategori Greater Indonesia. Anantara Ubud Bali Residences karya Minor International dan PT Wijaya Karya Realty memenangkan Best Housing Development (Indonesia) serta Best Luxury Housing Development (Bali).

Summarecon Group menjadi salah satu perusahaan dengan penghargaan terbanyak tahun ini, dengan enam kemenangan. Perusahaan-perusahaan lain yang proyeknya turut memenangkan penghargaan antara lain Alex Villas, Astraland Indonesia, Damai Putra Group, DM Projects Group, Easton Urban Kapital, Fasindo Group, Frontier Experiences Holding, dan masih banyak lagi.

Jules Kay, General Manager PropertyGuru Asia Property Awards and Events, menjelaskan bahwa pemenang penghargaan tahun ini menunjukkan potensi besar dari real estat Indonesia yang terus berkembang, termasuk perluasan dari Pulau Jawa ke berbagai destinasi di seluruh nusantara. 

"Para pengembang Indonesia telah menciptakan terobosan dalam arsitektur, desain, dan konstruksi, serta menunjukkan bahwa properti yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara sosial dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat,” kata Jules Kay.

Dewan juri independen terdiri dari para ahli industri, termasuk Vivin Harsanto dari JLL Indonesia, Alex Bayusaputro dari Genius Loci, dan beberapa tokoh lainnya yang kredibel. Proses seleksi diawasi oleh Wahyu Wibowo, CPA yang bekerja sama dengan HLB Hadori Sugiarto Adi & Rekan – HLB Indonesia, bagian dari jaringan global HLB International.

Para pemenang utama dari Indonesia akan bersaing untuk gelar “Best in Asia” pada Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards ke-19 di Bangkok, 13 Desember 2024 mendatang. 

Ajang ini dipersembahkan oleh Kohler sebagai platinum sponsor, dan didukung oleh berbagai mitra resmi seperti PropertyKlik.com dan The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.